Categories: teknologi

STEI Potensi Sistem Robotika Sebagai Teknologi Yang Memanusiakan PASJABAR

Published by
Admin
Share

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sekolah Tinggi Teknik Elektro dan Komputer (STE) ITB, Selasa (30 Agustus 2020) “Sistem robotik, teknologi yang memanusiakan.

Sistem robotik merupakan perkembangan teknologi yang diprediksi akan berdampak besar bagi kehidupan manusia. Menjadi salah satu sistem cyber-fisik (CPS), robot terbentuk dari kombinasi komponen elektronik dan perangkat lunak yang terhubung ke sistem kecerdasan buatan. Saat ini dikenal tiga kategori produk robotika sesuai dengan fungsinya, yaitu robot bantu manusia, robot cacat, dan robot pencari dan penyelamat.

“Faktanya, kami cepat beradaptasi dengan Revolusi Industri 5.0. Kata kuncinya di sini adalah personalisasi, di mana teknologi berkembang sedemikian rupa sehingga dapat belajar dan beradaptasi dengan pengguna manusia,” jelasnya.

Teknologi robot menjadi pelayan manusia

Akibatnya, siklus inovasi semakin cepat. Berdasarkan kecenderungan ini, menurut Dr. Kusprasapta, ia akan menjadi hamba manusia yang mampu memahami karakter manusia secara pribadi. Robot dirancang untuk meniru manusia dengan sistem kognitif yang memahami persepsi dan secara otomatis belajar dari persepsi itu.

Dr. Kusprasapta berkata: “Robotika sedang berkembang. Awalnya dikendalikan langsung oleh manusia, kendali manusia berangsur-angsur mulai hilang, sifat otonominya semakin intensif, hingga akhirnya robot memperoleh otonomi tingkat tinggi, bahkan otonomi penuh.

Ketergantungan manusia terhadap teknologi sangat tinggi. Karenanya, robot diprediksi akan segera masuk rumah pada tahun 2025. ITB sebagai media pendukung tren ini telah menguji aplikasi robotik sebagai alternatif bagi mereka yang tidak dapat mengikuti perkuliahan secara langsung. Eksperimen ini dilakukan di LabTech XI Kelas 9308. Dengan robot yang dikendalikan dari jarak jauh, siswa diharapkan hadir secara fisik di kelas dan memiliki perspektif yang lebih luas daripada hanya menggunakan komputer sekali pakai.

“Semangatnya di sini adalah pengembangan sistem robot untuk kemanusiaan, robot dan sistem otonom yang memanusiakan manusia. Suka atau tidak suka, keadaan memaksa kita untuk menggunakan teknologi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat."

Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian di bidang robotika dilakukan dalam dua arah: baik untuk memperoleh pengetahuan maupun untuk menciptakan produk yang aplikatif. Roadmap R&D untuk robotika diatur sebagai kegiatan R&D pada sumbu vertikal dan pada sumbu horizontal adalah pengembangan prototipe atau produk untuk aplikasi robot. Diharapkan dengan roadmap ini, perkembangan robotika akan terus berjalan sesuai dengan tujuan dan cita-cita semula.

“Masalah yang perlu diperhatikan saat bekerja dengan robot adalah keselamatan. Bagaimana mesin otonom beroperasi di ruang manusia tanpa merugikan orang. Ini sedang kami coba kembangkan juga,” kata Dr. Kusprasapta di akhir presentasinya. (*/Besar)

Published by
Admin
Tags: teknologi

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago