Categories: game online

Sosialisasi Dampak Buruk Bermain Game Online Bagi Pengembangan Karakter

Published by
Admin
Share

51 siswa KKN-T Grup MBKM Universitas Slamet Riyadi kemarin (8/2) mengadakan penyuluhan tentang dampak negatif game online di SD Negeri 01 kelas 5 dan 6 dalam rangka meningkatkan kesadaran akan dampak negatif game online di sekolah dasar . Tempursari. //2022) sosialisasi berlangsung di kelas 5 dan 6, durasi pelajaran kurang lebih 45 menit.

Pesatnya perkembangan dunia online tidak luput dari kewaspadaan para produsen software atau pengembang game online. Dahulu, sebelum dunia online menjadi kompleks seperti sekarang ini, para pengembang atau programmer game biasa menyediakan game dalam bentuk konsol game seperti Nintendo atau PlayStation.

Permainan ini dimainkan oleh para pemainnya saja atau paling banyak keduanya dalam satu tempat dengan menggunakan alat yang disebut tongkat. Namun saat ini kemajuan teknologi memungkinkan dikembangkannya aplikasi game dalam bentuk game online. Game online memungkinkan pemain berada di lokasi yang berbeda.

Satu pemain berada di satu posisi dan pemain lainnya berada di posisi lain. Pemainnya mungkin dari negara yang berbeda. Sangat mungkin jika seorang programmer membuat server dengan area aplikasi yang luas. Era globalisasi hampir tiba.

Pelaksanaan pendidikan karakter pada anak bukan tanpa hambatan. Hambatan datang dari dalam diri anak maupun dari luar sebagai pelaku dalam pengembangan karakter. Salah satu kendala yang datang pada anak adalah kemalasan, dan kendala yang datang dari luar adalah resiko bermain game online.

Pertemuan kemalasan internal anak dengan bahaya game online merupakan titik awal terciptanya hambatan dalam pencapaian tujuan pendidikan dan pengembangan karakter anak. Kemalasan pada anak tumbuh seiring dengan kegembiraan dan bahaya game online.

Oleh karena itu, keterikatan anak dengan game online. Tingginya tingkat kecanduan anak terhadap game online sangat berpengaruh negatif terhadap perkembangan perilaku anak. Kecanduan game online sangat efektif dan sangat menghambat proses perkembangan karakter anak. Bahkan kecanduan terus-menerus terhadap game online dapat mengubah karakter dan perilaku baik anak menjadi perilaku destruktif.

Kegiatan sosial ini bertujuan untuk mengedukasi siswa SD Negeri 01 Tempursari tentang dampak negatif game online. Dalam kegiatan ini siswa SD Negeri 01 Tempursari diharapkan dapat mempelajari dampak negatif dari game online.

Pelajari lebih lanjut tentang Ilmu Sosbud

Tulis komen

Berkomentarlah dengan bijak dan bertanggung jawab. Komentar adalah tanggung jawab penuh pemberi komentar sebagaimana didefinisikan dalam UU ITE.

Kirim

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar!

Lihat semua komentar (0)

Diskusi "Dampak Game Online Terhadap Moral Generasi Bangsa"

Published by
Admin
Tags: gameonline

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago