Categories: hobi

Self Reward Dengan Hobi Menulis: Upaya Rawat Literasi Dan Ungkap Perasaan

Published by
Admin
Share

Penghargaan diri adalah harga diri yang biasanya berbentuk hadiah, barang, atau saham. Tetapi yang pasti adalah bahwa penghargaan diri mengarah pada tindakan positif yang lebih termotivasi.

Ada banyak macam hal yang bisa dilakukan, tentunya banyak hal yang bisa dilakukan, ada yang terbiasa berbelanja atau bersantai dan ada pula yang menyimpannya untuk hobi seperti menulis. Saya menghadiahi diri saya sendiri dengan menulis.

Bagi saya menulis adalah hobi yang membuat saya senang ketika melakukannya, melalui menulis saya bisa mengungkapkan kekhawatiran dan pikiran saya. Apalagi menulis adalah budaya yang dibuat oleh nenek moyangnya dan harus benar-benar diperhatikan sebagai bentuk literasi.

Tentu saja, menulis memiliki banyak manfaat yang dapat meningkatkan keterampilan pribadi sekaligus memberikan pengetahuan kepada orang lain. Kitab suci yang kita curahkan dapat menyentuh kita, artinya kitab suci itu tidak sia-sia.

Bagi saya, menulis adalah self-reward yang paling mudah, selain sebagai hobi, tentunya tidak membutuhkan biaya apapun. Daripada membuang-buang uang untuk kesenangan sementara, lebih baik terlibat dalam kegiatan menulis, karena metode ini dapat mengekspresikan ide dengan lebih baik. Selain itu, menulis adalah bagian dari mencintai diri sendiri karena menulis dapat melatih kita untuk berpikir kritis dan berpikir terbuka.

Menulis berarti kita berusaha untuk menjaga literasi kita, apalagi jika ternyata literasi kita masih sangat rendah. Juga, menulis adalah cara terbaik dan tentu saja termudah untuk mengungkapkan pikiran dan kekhawatiran saya. Yang pasti setelah saya selesai menulis dengan baik, saya bisa merasa nyaman dengan diri saya sendiri dan sering memuji diri saya sendiri, meski dalam hati hanya ada kata-kata.

Sekali lagi, mereka yang benar-benar menikmati menulis otobiografi self-titled kemungkinan akan merasa mudah dan menantang untuk menulis. Namun yang jelas, tulisan adalah persepsi budaya, hanya saja nantinya bisa menjadi arsip yang bisa digunakan secara turun-temurun. Misalnya, banyak dari apa yang kita pelajari hari ini melalui arsip adalah tulisan, seperti buku dan artikel.

Di pelukanku!! Perbedaan Kisah Abraham dan Abraham: Antara Mitos dan Fabel, Sejarah dan Arkeologi – Dengan Terjemahan

Published by
Admin
Tags: hobi

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago