Categories: hobi

Self Reward Dengan Hobi Menulis: Upaya Rawat Literasi Dan Ungkap Perasaan

Published by
Admin
Share

Penghargaan diri adalah harga diri yang biasanya berbentuk hadiah, barang, atau saham. Tetapi yang pasti adalah bahwa penghargaan diri mengarah pada tindakan positif yang lebih termotivasi.

Ada banyak macam hal yang bisa dilakukan, tentunya banyak hal yang bisa dilakukan, ada yang terbiasa berbelanja atau bersantai dan ada pula yang menyimpannya untuk hobi seperti menulis. Saya menghadiahi diri saya sendiri dengan menulis.

Bagi saya menulis adalah hobi yang membuat saya senang ketika melakukannya, melalui menulis saya bisa mengungkapkan kekhawatiran dan pikiran saya. Apalagi menulis adalah budaya yang dibuat oleh nenek moyangnya dan harus benar-benar diperhatikan sebagai bentuk literasi.

Tentu saja, menulis memiliki banyak manfaat yang dapat meningkatkan keterampilan pribadi sekaligus memberikan pengetahuan kepada orang lain. Kitab suci yang kita curahkan dapat menyentuh kita, artinya kitab suci itu tidak sia-sia.

Bagi saya, menulis adalah self-reward yang paling mudah, selain sebagai hobi, tentunya tidak membutuhkan biaya apapun. Daripada membuang-buang uang untuk kesenangan sementara, lebih baik terlibat dalam kegiatan menulis, karena metode ini dapat mengekspresikan ide dengan lebih baik. Selain itu, menulis adalah bagian dari mencintai diri sendiri karena menulis dapat melatih kita untuk berpikir kritis dan berpikir terbuka.

Menulis berarti kita berusaha untuk menjaga literasi kita, apalagi jika ternyata literasi kita masih sangat rendah. Juga, menulis adalah cara terbaik dan tentu saja termudah untuk mengungkapkan pikiran dan kekhawatiran saya. Yang pasti setelah saya selesai menulis dengan baik, saya bisa merasa nyaman dengan diri saya sendiri dan sering memuji diri saya sendiri, meski dalam hati hanya ada kata-kata.

Sekali lagi, mereka yang benar-benar menikmati menulis otobiografi self-titled kemungkinan akan merasa mudah dan menantang untuk menulis. Namun yang jelas, tulisan adalah persepsi budaya, hanya saja nantinya bisa menjadi arsip yang bisa digunakan secara turun-temurun. Misalnya, banyak dari apa yang kita pelajari hari ini melalui arsip adalah tulisan, seperti buku dan artikel.

Di pelukanku!! Perbedaan Kisah Abraham dan Abraham: Antara Mitos dan Fabel, Sejarah dan Arkeologi – Dengan Terjemahan

Published by
Admin
Tags: hobi

Recent Posts

Momen Usung Anies Capres Dikaitkan Duka Kanjuruhan, Ini Kata NasDem Detik

Jakarta - Dua hari setelah tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, berbagai pihak menyoroti pernyataan capres… Read More

16 hours ago

5 Tempat Paling Angker Di Amerika, Hobi Berburu Hantu Silakan Datang! Okezone

Horor , kata yang mungkin muncul di benak, misterius dan mengganggu. Mungkin Anda pernah mendengar… Read More

24 hours ago

Anime “NARUTO” Rayakan Ulang Tahun Ke20 Lewat Video Spesial ANTARA

Jakarta (ANTARA) - Tanggal 3 Oktober akan menandai 20 tahun sejak dimulainya episode pertama serial… Read More

1 day ago

3 Hobi Ini Bisa Buat Anda Miskin, Mulai Jauhi Dari Sekarang! CNBC Indonesia

JAKARTA, CNBC Indonesia - Ada beberapa hal yang Anda lakukan setiap hari tanpa disadari yang… Read More

2 days ago

Game Online Ringan, Bisa Mabar Di Hp Android! Cek Di Sini Ekspres

Teknologi dan Permainan . Game online yang mudah bisa menyenangkan di ponsel android Anda! Lihat… Read More

2 days ago

Milenial Ini Curhat Mudahnya Berobat Jika Miliki Jaminan Kesehatan Detik

Jakarta - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan tulang punggung masyarakat Indonesia yang membutuhkan pelayanan… Read More

2 days ago