Categories: kesehatan

Sekjen Kunta Minta Dinkes Lakukan Transformasi Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Published by
Admin
Share

Bali, 19 September 2022

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan, kepemimpinan kesehatan dalam pencegahan penyebaran COVID-19 ada di level dinas kesehatan. Hal ini menunjukkan bahwa kesehatan diperkirakan akan berubah pada tingkat ini di seluruh wilayah Indonesia.

“Kita tahu kesehatan itu sangat penting. Setiap orang memiliki kesadaran untuk memperbaiki atau meningkatkan kesehatan, itu harus berakhir pada ekonomi. Dengan adanya Covid-19, ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk mengubah kesehatan dan terutama di dinas kesehatan.” Hal itu disampaikan Sekda Kunta pada Senin (19/9) saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Perlindungan Kesehatan Negara Bali.

Sekjen mengatakan pihaknya ingin Dinas Kesehatan meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, lanjut Sekjen, Kemenkes dan Dinas Kesehatan dapat bersinergi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, atau memiliki tujuan yang sama untuk mengubah kesehatan.

Salah satu amanat yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Kesehatan adalah transformasi kesehatan.

Kepemimpinan perubahan kesehatan diarahkan dari dinas kesehatan daerah ke dinas kesehatan utama pemerintah kota.

Ada 6 pilar reformasi kesehatan yang disampaikan Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadiki. Pilar pertama adalah pelayanan primer, pilar kedua adalah transformasi pelayanan rujukan rumah sakit, pilar ketiga adalah transformasi sistem kesehatan preventif, pilar keempat adalah transformasi sistem pembiayaan kesehatan, pilar kelima adalah kesehatan tenaga. . pilar keenam berkaitan dengan alih teknologi kesehatan, teknologi informasi dan bioteknologi.

Perubahan pada layanan dasar

Saat ini terdapat sekitar 12.000 Puskesmas di seluruh wilayah Indonesia. Beberapa program akan dilaksanakan, antara lain penataan jaringan fasilitas kesehatan untuk menjamin pemerataan pelayanan kesehatan.

Tak hanya itu, Kemenkes akan rutin merenovasi Posada dengan anggaran yang memadai. Posiandu ini kemudian dapat diatur oleh Kementerian Dalam Negeri atau Kementerian Desa, Pembangunan dan Migrasi wilayah terdampak.

Posiandu ini tidak hanya melayani bayi dan ibu, tetapi juga seluruh siklus hidup termasuk anak-anak, dewasa dan lansia.

Perubahan layanan rujukan

Perubahan ini dimulai dengan tiga penyakit yang menyebabkan angka kematian tertinggi di Indonesia: penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Misalnya, untuk penyakit jantung, masalahnya adalah semua negara bagian memiliki rumah sakit yang dapat memasang cincin di jantung. Pada tahun 2024, rumah sakit di semua wilayah akan dapat menawarkan layanan untuk penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Pencegahan kesehatan

Kementerian Kesehatan memastikan bahwa semua vaksinasi, tes, dan perawatan tersedia di Indonesia. Setidaknya 50% diproduksi di dalam negeri.

Pembiayaan perawatan kesehatan

Ia bekerja untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam reformasi pembiayaan kesehatan. Ini untuk menghindari masalah antara penyedia layanan dan mereka yang membayar layanan.

SDM kesehatan

Jumlah dokter yang biasa adalah satu untuk setiap 1000 penduduk. Permintaan Indonesia masih belum terpuaskan dengan distribusi yang asimetris.

Distribusi sumber daya manusia yang berkualitas sangat penting untuk meningkatkan penggunaan layanan kesehatan di masyarakat. Salah satu upaya tersebut adalah sistem kesehatan akademik.

Sistem kesehatan akademik merupakan model kebijakan yang memadukan potensi masing-masing institusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Konsepnya adalah untuk mengintegrasikan pendidikan kedokteran pascasarjana dengan program pendidikan profesional kesehatan lainnya yang memiliki rumah sakit universitas atau berafiliasi dengan rumah sakit universitas, sistem kesehatan dan organisasi perawatan kesehatan.

Sistem kesehatan akademik harus memenuhi kebutuhan daerah dengan mempertimbangkan jumlah dan jenis mahasiswa yang lulus dari tenaga kesehatan. Menentukan profil dan kualitas SDM kesehatan yang dibutuhkan di daerah; dan menentukan alokasi sumber daya kesehatan manusia yang berkelanjutan dari layanan primer hingga tersier.

Teknologi kesehatan

Salah satu perubahan yang terjadi pada teknologi kesehatan di luar aplikasi Pedulilindung adalah perlunya Kementerian Kesehatan memastikan informasi medis tercatat secara akurat secara digital di rumah sakit.

Ini akan ditambahkan ke database rumah sakit. Jadi jika pasien dipindahkan ke rumah sakit lain, pasien tidak perlu rontgen ulang atau tes darah ulang, jadi lebih efisien.

Bioteknologi

Bioteknologi dapat digunakan sebagai alat diagnostik yang kompleks. Yang pertama melihat status kesehatan seseorang dengan darah, MRI, CT.

Ke depan, hasil diagnosa akan menggunakan genome sequencing, karena dengan itu akan memungkinkan untuk melihat secara detail seperti apa situasi yang kita miliki di tubuh kita, keadaan tubuh kita, keadaan kesehatan kita, bahkan apa. mungkin terjadi di masa depan.

Mesin pengurutan genom tersedia untuk Rumah Sakit Rujukan Kanker Dermis Nasional, Rumah Sakit PON untuk Stroke, RSCM untuk Metabolisme seperti Diabetes dan Penyakit Ginjal, Rumah Sakit Yogyakarta, kemudian RSPI untuk Infeksi dan Rumah Sakit Sanglah untuk Penuaan dan Pelayanan Kesehatan.

Sekretaris Jenderal Kunta mengatakan: "Saya berharap dinas kesehatan akan membawa perubahan ini agar masyarakat sadar bahwa mereka hidup sehat."

Berita ini disebarluaskan oleh Kantor Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemenkes di nomor telepon 1500-567, SMS 081281562620, fax (021) 5223002, 52921669 dan alamat email contact@kemkes.go.id (D2).

Kepala Dinas Komunikasi dan Pelayanan Publik

dr. Kota Nadia Tarmiji, M. Epid

Peluncuran Strategi Transformasi Kesehatan Digital 2024

Published by
Admin
Tags: kesehatan

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago