Categories: kesehatan

Sebabkan Masalah Kesehatan Serius, Wamenkes : Rokok Elektrik Sama Bahayanya Dengan Rokok Konvensional Kementerian Kesehatan

Published by
Admin
Share

Jakarta, 1 Juni 2022

Dalam beberapa tahun terakhir, rokok elektrik menjadi sangat populer di kalangan remaja. Rokok elektrik dianggap sebagai alternatif yang sehat untuk rokok tradisional karena mengandung lebih sedikit nikotin.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saxono Harbuvono mengatakan konsep itu sama sekali tidak tepat. Rokok elektrik sama berbahayanya dengan rokok biasa. Rokok elektrik mengandung nikotin, bahan kimia dan racun/bau/bau beracun.

Penggunaan obat-obatan ini dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius di masa depan, seperti penyakit kardiovaskular, kanker, paru-paru, TBC dan lain-lain.

“Rokok elektrik sama berbahayanya dengan rokok biasa. Baik sekarang maupun di masa depan sama-sama berbahaya, dan tidak ada perbedaan antara bahaya merokok biasa karena masalah sosial ekonomi yang dapat ditimbulkan oleh rokok elektrik. Aktivitas merokok,” Menteri Kesehatan RI 2021 (GATS 2021) Menteri Kesehatan RI tentang Penggunaan Tembakau dalam siaran persnya, Selasa (31/5).

Wakil Menteri Kesehatan mengatakan, penggunaan rokok elektrik di kalangan remaja juga berkontribusi terhadap peningkatan rokok elektrik di Indonesia.

Menurut Adult Tobacco Survey (GATS) pada tahun 2021, insiden rokok elektrik meningkat dari 0,3% (2011) menjadi 3% (2021). Sementara itu, jumlah perokok muda usia 13-15 tahun meningkat 19,2%. Assisten Sekda berharap temuan ini dapat menjadi dasar untuk bersama-sama berhenti merokok di kalangan pemangku kepentingan dan masyarakat, khususnya orang tua, khususnya anak muda.

Jika tidak segera dicegah, dikhawatirkan akan meningkatkan kebiasaan merokok di kalangan generasi muda dan menimbulkan masalah kesehatan yang serius di kemudian hari.

Wamenkes berharap, “Hasil survei GATS dimaksudkan sebagai sarana edukasi berbasis keluarga yang bertujuan untuk mencegah masyarakat merokok dan membelanjakan uangnya untuk makanan sehat dan kegiatan sehat daripada merokok. . . " .

Hotline Virus Corona 119 ed 9. Pesan ini disampaikan oleh Departemen Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Halo Health Department di 1500-567, SMS 081281562620, Fax (021) 5223002, 52921669 dan contact@kemkes.go.id (MF).

Kepala Departemen Komunikasi dan Pelayanan Publik

Dr. Widyawati, MKM

Workshop Pendidikan Kesehatan DWP UNY 9 April 2022

Published by
Admin
Tags: kesehatan

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago