Categories: kesehatan

Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Dinkes Adakan Seminar

Published by
Admin
Share

JD 02 – Berita Depot
Kamis 13 Oktober 2022, 12:15 WIB

Workshop Kesehatan Jiwa Dunia Virtual pada Kamis (13/10/22). (Gambar: Tangkapan Layar).

news.depok.go.id- Dinas Kesehatan Kota Depok (DINKES) menggelar Seminar Global Hybrid Mental Health di Aula RS Hermina Depok. Kegiatan ini berlangsung dalam rangka Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 10 Oktober.

Dinas Kesehatan Kota Depok untuk Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Umi Zakiati mengatakan melalui seminar tersebut pihaknya ingin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang gangguan kesehatan jiwa dan upaya mendukung kesehatan jiwa.

“Ini sebagai pengingat untuk memperluas hak-hak Orang dengan Gangguan Jiwa (PDJ), pelayanan terkait dan mengoptimalkan upaya kesehatan jiwa,” jelas Umi usai workshop, Kamis (13/10/22).

Menurut Umi, prevalensi gangguan jiwa dapat mempengaruhi produktivitas dan kualitas kesehatan seseorang. Oleh karena itu, upaya kesehatan jiwa memerlukan pendekatan promosi, pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi yang komprehensif, terpadu dan berkelanjutan.

Dikatakannya, seminar tersebut merupakan upaya promosi kesehatan yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jiwa masyarakat, menghilangkan stigma, diskriminasi dan pelanggaran HAM oleh ODGJ. Serta meningkatkan pemahaman masyarakat, keterlibatan dan penerimaan kesehatan mental.

“Masalah kesehatan jiwa ini merupakan masalah bersama, membutuhkan peran aktor yang berbeda dan efektivitas upaya advokasi yang diterapkan sangat terasa,” ujarnya.

Umi juga menambahkan, faktor penting lainnya dalam masalah kesehatan jiwa adalah mengembangkan sistem perawatan kesehatan jiwa dengan fasilitas kesehatan jiwa yang memadai, kapasitas dan kualitas pelayanan kesehatan preventif dan rehabilitatif yang optimal. Juga sistem kemudi selangkah demi selangkah dan dua arah yang bekerja sesuai harapan.

“Sumber daya manusia, kuantitas dan kualitas infrastruktur harus disediakan. Dari tingkat pelayanan, dari puskesmas hingga masyarakat. Sarana prasarana, obat-obatan, penunjang pelayanan, transportasi bisa disediakan jika diperlukan”, tutupnya.

Sekadar informasi, para guru, siswa sekolah menengah dan sekolah menengah kejuruan dari seluruh Depok dan organisasi pemuda daerah berpartisipasi dalam Seminar Kesehatan Jiwa Global. (JD 02/ED 01/EUD02).

Webinar Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (WMHD) 2020 dan Dies Natalis ke-75 Pemprov Jatim [RSJiwaMenur]

Published by
Admin
Tags: kesehatan

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago