Categories: teknologi

Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Dunia Pendidikan Di Era Globalisasi

Share

Dimana teknologi informasi dan komunikasi begitu lazim dalam kehidupan kita sehari-hari, teknologi informasi dan komunikasi ini merupakan perpanjangan dari kata ICT, sebagaimana ICT atau teknologi informasi dan komunikasi disebut dalam bahasa Inggris. Informasi. dan dengan teknologi komunikasi, atau disingkat ICT, sebelum kita mulai membahas peran teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendidikan, pertama-tama kita akan membahas atau mempelajari arti kata "teknologi informasi dan komunikasi".

Teknologi adalah salah satu alat atau sarana yang kita perlukan untuk bertahan hidup di zaman ini, namun teknologi akan memiliki fungsi yang berbeda di setiap bidang, sehingga informasi adalah salah satu berita, fakta atau data yang menjadi berguna atau berguna bagi pembaca atau pembeli. . . Dengan demikian, kata komunikasi dapat diartikan sebagai sesuatu yang menyertai, oleh karena itu teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan dan penyebaran informasi atau peristiwa yang sedang berlangsung.

Kemudian kita berbicara tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan, dimana kami juga percaya bahwa peran teknologi dalam pendidikan sangat efektif, apalagi di era globalisasi saat ini, jika kita memiliki teknologi dan informasi, kita memiliki cukup materi atau modal. untuk ini. mengalahkan saingan. Globalisasi Di era globalisasi, jika kita tidak bisa menguasai teknologi informasi, kita disebut scam, karena teknologi informasi berperan penting di era globalisasi.

Teknologi informasi dan komunikasi memainkan banyak peran dalam dunia pendidikan. Pertama, di era globalisasi saat ini, materi pembelajaran dapat dipelajari kapan saja, di mana saja sebagai sarana pembelajaran yang banyak tersedia secara online atau digital.

Maka peran teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan adalah bahwa di era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat dapat berperan sebagai sarana dan sarana pendidikan yang tidak lagi menggunakan papan tulis di sekolah atau perguruan tinggi. papan. Apapun kegiatan pembelajaran yang didukung oleh kemajuan teknologi atau TIK akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan inovatif, pendidik juga perlu menguasai teknologi informasi agar mampu mengikuti perkembangan teknologi agar tercipta pembelajaran yang efektif dan up-to- belajar tanggal. lingkungan agar siswa tidak bosan.

Kemudian, sebagai contoh pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, sistem tersebut menyelesaikan pelatihan siswa jauh sebelum pandemi COVID-19, masing-masing, di salah satu universitas terkemuka di Jambia, Universitas Jambi atau disingkat UNJA. di kampus, penggunaan kertas dan pensil dengan tangan atau dengan tangan belum tersedia. namun sekarang dengan kemajuan teknologi untuk mengisi absensi siswa tidak lagi menggunakan alat ini melainkan menggunakan program dan kode QR atau barcode dimana guru mengirimkan barcode tersebut kepada siswa dan siswa memindai kode batang tersebut dengan program tersebut. . Absensi atau daftar hadir siswa secara otomatis akan masuk dalam Siakada masing-masing siswa, yang menurut saya cara ini sangat baik dan mudah dilakukan oleh siswa dan guru.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi memegang peranan penting dalam dunia pendidikan, yang semakin mudah dilakukan dengan kemajuan teknologi khususnya dalam akses materi pendidikan.

Pelajari lebih lanjut Ilmu dan teknologi alam

Tulis komen

Berkomentarlah dengan bijak dan bertanggung jawab. Komentar adalah tanggung jawab penuh pemberi komentar sebagaimana didefinisikan dalam UU ITE.

disajikan

Sejauh ini tidak ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar!

Lihat semua komentar (0) VIDEO FAVORIT

Peran dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan

Published by
Admin
Tags: teknologi

Recent Posts

Petik Buah Dari Hobi Meneliti RADAR SEMARANG

RDARSEMARANG.ID, Antusias, tiga lulusan Universitas Kristen Satya Vacana (UKSW) memulai studinya berbeda dengan mahasiswa lainnya.…

5 hours ago

Comeback Lewat ‘WHY HER’, Ini 6 Drakor Seo Hyun Jin Dengan Karakter Paling Memorable

Kapanlagi.com - Menurut Good Data Corporation, Seo Hyun Jin menjadi salah satu aktor Korea tersukses…

13 hours ago

Relawan TIK Sidoarjo Lakukan Pemberdayaan Teknologi Pada Masyarakat Sekitar

Volunteers of Information and Communication Technologies (TIC) adalah organisasi yang bertujuan membantu pemerintah menyebarkan penggunaan…

21 hours ago

Traveloka Perluas Fasilitas Akses Layanan Kesehatan Republika Online

Traveloka telah diunduh ratusan juta kali. Traveloka memperluas akses layanan kesehatan online dari Republik Jakarta…

1 day ago

Cloudy With A Chance Of Meatballs: Kesesuaian Teknologi Flint Dengan Masa Depan

Meatball Cloud adalah film adaptasi tahun 1978 dari buku anak-anak Judy Ron Barrett. Skenarionya ditulis…

2 days ago

Toyota Indonesia Ajak Masyarakat Bedah Teknologi Veloz Terbaru

Jakarta, Toyota Indonesia Ajak Asosiasi Veloz untuk Teknologi Bedah Terbaru - Toyota Gelar Pameran bertajuk…

2 days ago