Categories: kesehatan

Pentingnya Transformasi Layanan Kesehatan Primer

Published by
Admin
Share

Pentingnya Transformasi Pelayanan Kesehatan Dasar , Jakarta – Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) mendorong pemerintah untuk mentransformasi pelayanan kesehatan dasar untuk mendapatkan akses kesehatan untuk semua. “Diperlukan reformasi mendasar dalam kepemimpinan dan manajemen, kebijakan publik, model pelayanan, jaminan kesehatan dan sumber daya manusia untuk pelayanan kesehatan sehingga pelayanan kesehatan primer dapat mencapai akses kesehatan untuk semua” , kata Presiden AIPI, Prof. Satrio Somentri Brodyonegoro di Acara “Kolaborasi Bermakna dalam Pemberdayaan Puskesmas”, dilanjutkan dengan diskusi daring di Jakarta pada Kamis 8 September 2022.

Menurutnya, pelayanan kesehatan dasar yang dipimpin oleh Puskesmas harus menjadi tumpuan kesehatan masyarakat di Indonesia. Kedudukannya sebagai pelayanan kesehatan masyarakat pertama dan terdekat, lanjutnya, memungkinkannya memberikan pelayanan kesehatan dasar dengan biaya terjangkau dengan prinsip praktis, ilmiah dan diterima secara universal.

Dia mengatakan AIPI telah membuat rekomendasi untuk meningkatkan sistem kesehatan Indonesia, yang dituangkan dalam studi prospektif tentang penyediaan layanan kesehatan primer di masa depan. Studi prospektif diserahkan ke Perpustakaan Nasional, Kementerian Kesehatan, Jakarta pada 8 September 2022.

Diya Saminarsih, pendiri CISDI dan peneliti utama Foresights PHC Research, mengatakan penelitian menunjukkan bahwa layanan kesehatan primer masih kurang terwakili dalam sistem kesehatan nasional. Hal ini tercermin dari eksplorasi tim peneliti terhadap media online dan jejaring sosial Twitter. "Sangat sedikit aktor yang men-tweet tentang perawatan kesehatan primer," katanya.

Misalnya, antara 2009 dan 2021, Twitter memindai 1,5 juta tweet yang terkait dengan perawatan kesehatan primer saja. Ada 6,8 juta tweet tentang rumah sakit. "Kebijakan kesehatan primer telah terhenti selama bertahun-tahun karena kehilangan penglihatan dan kurangnya kemauan publik," kata Dia.

Selain memantau percakapan publik, ia menambahkan, kajian tersebut juga secara khusus melihat masukan dari 48 narasumber ahli.

Semua data ini dikumpulkan dan dirangkum dalam sebuah laporan studi, kemudian menjalani proses review oleh sembilan ahli terpilih AIPI untuk memastikan studi tersebut memenuhi standar AIPI, katanya.

Ini menyajikan rekomendasi tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk mengubah perawatan kesehatan primer, seperti reformasi tata kelola dan manajemen, reformasi kebijakan publik, reformasi model layanan, reformasi asuransi kesehatan, dan sumber daya manusia untuk reformasi perawatan kesehatan.

Baca: Pelayanan Kesehatan Primer Dapat Menyelamatkan Pasien

Transformasi layanan kesehatan

Published by
Admin
Tags: kesehatan

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago