Categories: teknologi

Penggunaan Teknologi Informasi Bikin Distribusi BBM Lebih Cepat Dan Efisien

Published by
Admin
Share

Jakarta, Memanfaatkan Teknologi Informasi Membuat Distribusi BBM Lebih Cepat dan Efisien: Memanfaatkan Teknologi Informasi (IT) dan Digitalisasi Distribusi BBM (BBM) dengan berdirinya Pertamina Enterprise Integrated Data and Control Center (PIEDCC).

Karena itulah Pertamina berupaya sebagai organisasi komersial yang menyalurkan BBM dari kilang ke SPBU di masyarakat agar proses produksi dan distribusi berjalan dengan baik, aman dan benar.

“Saya kira sistem ini sangat berguna di era digital sekarang ini,” kata Mulganta, anggota Panitia VII FPCC DPR, dalam keterangannya, Senin (12/9/2022). Karena aliran zat cair (liquid) atau gas dapat dikontrol melalui sistem PIEDCC. Produk BBM yang dihasilkan di kilang Pertamina disalurkan ke Pabrik Bahan Bakar Minyak (TBBM).

Penggunaan teknologi informasi membuat distribusi bahan bakar menjadi lebih cepat dan efisien. Dirut Pertamina memastikan keamanan pasokan BBM bersubsidi.

Muliantha optimis jika perbaikan terus dilakukan, sistem yang ada saat ini akan sangat berguna dalam mengontrol distribusi dan volume BBM. “Melalui continuous improvement, sistem ini sangat efektif dalam mengontrol dan mengontrol jumlah bahan bakar,” ujarnya.

Sekadar informasi, sistem PIEDCC adalah upaya Pertamina untuk memprediksi dan mencegah hilangnya bahan bakar dalam jumlah berlebihan selama produksi di kilang, distribusi oleh kapal tanker dan kapal sebelum akses ke stasiun pengisian dan penerimaan publik.

Penggunaan teknologi informasi membuat distribusi bahan bakar lebih cepat dan efisien, kata pusat kendali Eric Tohir Pertamina.

Langkah tersebut juga sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi BBM.

Ini upaya kami untuk mengurangi kerugian di kilang, kapal, tanker, dan SPBU. Di SPBU semua dicatat, dari SPBU nomor 5 (misalnya) sampai SPBU, produk apa yang keluar, nanti kalau ada perbedaan bisa dilihat,” kata Nike Vidyawati, President and CEO Pertamina, beberapa waktu lalu. .

Menurut Nikke, jumlah BBM yang akan disalurkan ke kendaraan (truk tangki) akan dikeluarkan dari TBBM secara otomatis sesuai dengan jumlah yang masuk ke sistem. Semua data ini juga dikendalikan oleh PIEDCC.

Apalagi, saat diangkut dengan truk tangki ke SPBU, pengendalian juga dilakukan secara sistematis.

Percepatan penerapan teknologi informasi dan efisiensikan pendistribusian BBM Kunjungan ke Kemendagri, BPH Migas tuntut pengendalian pendistribusian BBM bersubsidi

Ia menjelaskan, bahan bakar yang dibawa kapal tanker bisa dikurangi, karena bahan bakar bisa menguap secara alami selama penerbangan. “Faktor konsumsi bahan bakar memiliki batas yang wajar, dan jumlah bahan bakar yang diangkut selalu dikontrol oleh sistem PIEDCC,” katanya.

Pengendalian dilakukan tidak hanya di darat, tetapi juga di laut pada saat pengangkutan BBM di atas kapal. Pertamina saat ini mengoperasikan sekitar 258 kapal, yang semuanya terdaftar dan dikendalikan langsung oleh PIEDCC.

“Kalau orang bilang ada yang kencing di laut, maksudnya kalau kecepatan kapal 0 (berhenti), tapi di tengah laut bisa langsung disambungkan ke sistem, dan ada videonya. pengawasan. di dalam sehingga kita bisa melihat apa yang terjadi dengan mata uang itu."

Pemanfaatan Teknologi Informasi Membuat Distribusi BBM Lebih Cepat dan Lebih Efisien

Dapatkan berita harian dan berita terkini dari Kompas.com . Jom join group Telegram kami untuk update berita Kompas.com, caranya follow link https://t.me/kompascomupdate dan join. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Kembangkan keterampilan Anda dalam kekuatan #1: DIgSILENT Power Factory

Published by
Admin
Tags: teknologi

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago