Categories: teknologi

Nilai Kepedulian Sosial Di Tengah Pesatnya Kemajuan Teknologi

Share

Kecemasan adalah masalah yang mendesak. Kepentingan bersama dalam konteks problematika kehidupan manusia merupakan kunci untuk menjaga keseimbangan. Tentu saja, perawatan bukanlah pilihan, tetapi kewajiban.

Sebagai makhluk sosial, kita perlu berkomunikasi satu sama lain untuk mengembangkan ikatan persahabatan dan persaudaraan. Terkadang, bagaimanapun, itu adalah pilihan untuk berkomunikasi atau tidak. Mereka yang karena suatu alasan memutuskan untuk tidak berkomunikasi mungkin memiliki dunianya sendiri untuk menciptakan dunia sosialnya sendiri.

Di era kemajuan teknologi, cara sosialisasi semakin beragam. Gadget dapat melakukan banyak hal untuk membangun hubungan sosial di dunia saat ini. Efisiensi teknologi memudahkan komunikasi dengan orang lain. Jarak, bahkan waktu, tidak lagi mengganggu.

Ironi di balik itu semua. Kita menjadi tidak terlihat oleh orang-orang di sekitar kita. Semua orang melihat ponsel mereka sambil berbicara. Seringkali masih ada orang yang menatap layar ponsel saat berbicara dan tidak memperhatikan siapa yang berbicara.

Nilai-nilai etika seolah tergantikan oleh kebiasaan baru yang dianggap biasa oleh sebagian orang. Jika hal-hal seperti itu terus dinormalisasi, dapatkah nilai-nilai moral percakapan bertahan atau digantikan oleh nilai-nilai moral baru?

Masalah moralitas atau tidak? Nilai moral terbesar adalah kebajikan. Jika ada kekhawatiran, kita harus fokus pada orang yang mengundang kita untuk berbicara. Pegang gadget di tangan Anda sebentar dan dengarkan percakapan dengan penuh perhatian.

Etika, etiket, dan kepedulian merupakan tiga hal yang berkaitan dalam kehidupan bermasyarakat. Moralitas adalah nilai mutlak yang berasal dari hati, biasanya berdasarkan bagaimana kita memperlakukan orang lain atau dengan siapa kita berhadapan. Anggota keluarga, teman, teman dekat atau orang lain. Disadari atau tidak, kita akan memiliki sikap yang berbeda terhadap mereka.

Misalnya, ketika Anda berbicara dengan teman baik, Anda membuat lelucon tentang gaya mereka, mereka berdua baik, tidak ada yang tersinggung. Ketika kita berbicara dengan orang tua, kita tahu batas-batas humor, karena ada rasa hormat terhadap orang dewasa, yang kita sebut etiket.

Uraian di atas mampu, setidaknya dalam konteks pemajuan kemajuan teknologi, menempatkan dirinya di garis depan etika kepedulian melalui dialog. Faktanya, lebih sulit menjadi bijak dalam perbuatan daripada menjadi bijak dalam percakapan.

Bahkan, hal-hal kecil yang sering dianggap sepele pun kerap terabaikan akibat pemberitaan. Bagaimana jika orang amoral menggunakan pernyataan itu sebagai senjata.

Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas komunikasi kita, kita perlu mengembangkan fitur sekecil mungkin. Gunakan gadget dengan bijak. Terlepas dari kenyataan bahwa kita hidup di lingkungan kemajuan teknologi yang pesat, orang-orang di sekitar kita menerima pertolongan pertama pada saat dibutuhkan. Jadi bangunlah hubungan yang baik dengan orang lain.

Keajaiban blackberry di sisi lain perkembangan teknologi Israel Pertanian Yahudi !!

Published by
Admin
Tags: teknologi

Recent Posts

Sekelumit Cinta Segitiga Dini Nurdiani Berujung Pembunuhan Berencana Detik

Jakarta - Misteri hilangnya wanita berusia 26 tahun bernama Dini Nordian berusia 26 tahun yang…

18 hours ago

Biar Gak Bosen Puasanya, Nih 7 Game Online Terbaik Di Bulan Ramadan Tahun 2022 IniSumedang.Com

INISUMEDANG.COM - Selama Ramadhan, kecuali sahur dan buka puasa bersama. Ngabubur juga merupakan waktu yang…

1 day ago

10 Drakor Terpopuler Di Minggu Ketiga April 2022, Our Blues Bertahan Di Puncak Kontan

Bizim Blues, salah satu daripada 10 drama paling popular pada minggu ketiga April 2022, mengungguli…

2 days ago

Kasus Hepatitis Akut Di Indonesia, 5 Anak Meninggal, Dan Kasus Terbanyak Di Jakarta

JAKARTA, Indonesia, hepatitis akut, 5 anak meninggal, dan kasus terbanyak di Jakarta - Indonesia merupakan…

6 days ago

Gak Di China Gak Di Indonesia, Saham Sektor Teknologi SamaSama Ambles!

Baik di China maupun di Indonesia, sektor teknologi sedang tenggelam! , Jakarta - Tekanan pada…

6 days ago

Edukasi Gaming: Kenali Tujuan Anak Dan Remaja Bermain Game Online

Transformasi dunia game terjadi dengan sangat cepat. Anak-anak kota khususnya sudah tidak asing lagi dengan…

1 week ago