Categories: teknologi

Mendag Ajak Pemuda Jadi Penggerak Ekonomi Dengan Berdayakan Teknologi Detik

Published by
Admin
Share

Jakarta –

Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan mengajak generasi muda Indonesia untuk berperan aktif dalam pembangunan ekonomi Indonesia, khususnya melalui platform digital. Menurutnya, kunci sukses yang harus dituntut kaum muda adalah selalu produktif, memiliki rencana atau roadmap dan kreatif untuk sukses dalam bisnis.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hassan mengatakan kepada sekelompok anak muda dari sekitar 50 kota Indonesia yang menghadiri forum Youth City Changers/YCC di Sumbar, Minggu (8/7/2022) di Padang. Acara ini digagas oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

“Hidup harus berbuah, agar memiliki makna dan nilai. Selain itu, harus menjadi peta jalan, agar rencana ke depan mudah dilaksanakan jika diikuti dengan ketat dan tekun. Selain itu, pemuda harus kreatif. Tentu saja anak muda hidup, itu akan berhasil," kata Zulkifli dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/7/2022).

Seperti yang ditunjukkan Zulkifli, dunia saat ini sangat terhubung dan nyaris tanpa batas, menjadikan digitalisasi sebagai bagian penting dari operasi bisnis. Oleh karena itu, kemampuan menggunakan platform digital dalam perdagangan merupakan salah satu hal yang perlu dikuasai oleh generasi muda agar dapat berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

“Departemen Perdagangan telah menyiapkan pajak yang dapat digunakan dengan perjanjian perdagangan, seperti dengan ASEAN, serta dengan Uni Emirat Arab, yang dapat digunakan sebagai hub untuk mengakses pasar internasional yang lebih besar tanpa tarif. Jadi, bersama dengan manfaat yang ditawarkan platform digital. Zulkifli mengatakan, “Mudah-mudahan anak muda Indonesia mampu menunjukkan produknya kepada dunia.

Dia menjelaskan, nilai transaksi perdagangan elektronik (e-commerce) di Indonesia akan mencapai Rs 401 miliar pada 2021 dan diperkirakan mencapai Rs 526 miliar pada 2022. $3,36 triliun pada 2021, atau tumbuh 90,08 persen.

Selain e-commerce, lanjut Zulkifli, perkembangan perdagangan aset kripto juga tumbuh signifikan dalam dua tahun terakhir. Pada 2020 nilainya hanya 64,9 miliar, tetapi mencapai 859,4 miliar pada 2021 dan mencapai 212 miliar pada Januari-Juni 2022.

Zülkifli menyampaikan bahwa forum YCC sangat bermanfaat bagi generasi muda untuk mengembangkan kemampuan beradaptasi dan merespon dinamika nasional dan global. Ini penting bagi kaum muda karena Indonesia sedang mengalami ledakan populasi dengan populasi lebih dari 64 juta pada tahun 2021.

“Saya ingin mengajak anak muda untuk ikut mengembangkan digital commerce di Indonesia. Saya yakin masa depan Indonesia ada di tangan pemuda," kata Zulkifli.

(acn/hns)

Published by
Admin
Tags: teknologi

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago