berita

Efek Manfaat Gamification Dalam Trend Peningkatan Manusia 2022

Share

Pada dasarnya, gamification atau gamifikasi adalah teknik unik yang dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Hal ini seperti melihat ending dalam sebuah permainan dimana kita sudah tamat. Dengan kata lain: Gamification menerapkan aturan game ke dalam konteks non-game.

Selama ini bermain game dipandang sebagai salah satu cara untuk menghilangkan stres dan penat setelah bekerja keras. Atau sekedar mengisi waktu luang sambil bersantai. Namun, di sisi lain, game membantu membangun bisnis yang sehat. Pendekatan ini disebut metode gamifikasi dalam trend manusia.

Dalam hal ini misalnya, untuk pengembangan usaha perlu dilakukan peningkatan. Baik kinerja maupun kualitas sumber daya manusia yang ada. Pemahaman penerapan gamifikasi bagi perusahaan dapat Anda lihat pada penilaian di bawah ini.

Pemahaman Lebih Dalam Tentang Metode Gamification

Industri game atau industri game online menerapkan dan memanfaatkan sejumlah besar teknologi untuk menjadikan game sebagai pengalaman seumur hidup. Augmented reality, virtual reality, dan teknologi kecerdasan buatan adalah beberapa teknologi terbaru yang telah banyak digunakan.

Teknologi tersebut digunakan untuk mengembangkan pengalaman kehidupan nyata di bidang dan ranah game online. Semua teknik akumulasi ini dipelajari bersama sebagai proses menuju penerapan gamification.

Secara garis besar, gamifikasi adalah penerapan elemen desain game ke desain dan ide non-game. Ini termasuk dalam bidang elemen desain game dan prinsip game dalam konteks non-game. Ini banyak digunakan di berbagai bidang seperti:

  • keterlibatan pengguna
  • produktivitas organisasi
  • alur kerja
  • pembelajaran
  • crowdsourcing
  • rekrutmen dan evaluasi karyawan
  • dan area lain serta bagian dari pengembangan indeks manusia.

Teknik gamification digunakan untuk mengoptimalkan keinginan alami manusia, seperti sosialisasi, pembelajaran, dominasi, kompetisi, pencapaian, status, ekspresi diri, altruisme, atau penyelesaian, berdasarkan desain situasional sebagai permainan atau permainan.

Gamification memiliki kegunaan yang berbeda dalam berbagai bidang kehidupan dan perkembangan manusia masa kini. Akibatnya, penerapan teknik gamifikasi awal dimasukkan ke dalam bidang tersebut.

Diawali dengan menawarkan hadiah kepada pemain yang berpartisipasi. Hadiah tersebut dalam bentuk poin, lencana, mengisi bilah kemajuan, dan mata uang virtual yang bermanfaat. Dengan penerapan gamification, tugas-tugas tertentu terlihat seperti permainan.

source: kompasiana.com

Daftar Penerapan Gamification Dalam 5 Sektor Pembangunan Manusia

Beberapa teknik yang digunakan dalam pendekatan ini termasuk menambahkan pilihan yang bermakna. Melompat ke tutorial, menambahkan tantangan, dan menambahkan narasi. Ada area di mana gamification banyak digunakan.

Promosi Komersial

banyak digunakan dan diterapkan dalam pemasaran. Fokus utama dari perusahaan yang diwakili di sana terutama adalah loyalitas pelanggan. Pada November 2011, perusahaan media Australia meluncurkan aplikasi mobile android. Aplikasi ini memungkinkan pemirsa TV berinteraksi menggunakan teknologi seperti Check-in dan Badge.

Pada Februari 2012, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 200.000 kali sejak diluncurkan. Ini juga digunakan sebagai alat retensi pelanggan untuk perilaku penggunaan situs web yang diinginkan. Poin reputasi pengguna dan hub lainnya juga dapat menggunakannya untuk membuat lencana.

Motivasi

Gamification juga dapat digunakan untuk ideasion sebagai langkah awal dalam brainstorming terstruktur. Bertujuan untuk menghasilkan ide-ide yang lebih baik dan lebih besar. Permainan ide dapat mengukur dan membandingkan dampak karya ilmiah berdasarkan jumlah kutipan yang dimiliki seseorang dalam penelitian lanjutan.

Perawatan Kesehatan

Beberapa aplikasi dikembangkan agar lebih efektif dan meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan. Beberapa pengguna melengkapi pencapaian kebugaran dengan lencana dalam game. Metode Gamifikasi banyak diterapkan juga dalam pengelolaan diri penyakit kronis dan gangguan mental umum. Di Apple App Store, hampir sekitar 100 aplikasi berkorelasi positif dengan elemen gamification yang digunakan dan peringkat pengguna yang tinggi.

Bidang Pekerjaan

Metode Gamifikasi juga banyak digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Utamanya di sektor-sektor seperti perawatan kesehatan, layanan keuangan, transportasi, pemerintahan, dan banyak lagi. Melalui gamification, alat AI dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat diintegrasikan secara strategis ke dalam proses bisnis dan sistem informasi yang ada.

Gamification Pendidikan

Dalam pendidikan, gamification digunakan dan tersirat untuk tujuan crowdsourcing. Ubah protein menjadi struktur yang lebih efisien dengan menerapkan struktur yang berbeda. Pendidikan dan pelatihan adalah bidang gamification yang luas di India. Ribbon Hero 2 adalah gim yang banyak digunakan untuk membantu orang meningkatkan keterampilan dan produktivitas mereka.

Yayasan Melinda Gates telah mendirikan sebuah sekolah bernama Quest. Dasar pembelajaran sekolah ini berbasis bermain. Dan bertujuan untuk membuat pendidikan lebih menarik dan cocok untuk anak-anak modern.

Sebagian besar game online untuk anak-anak sebenarnya adalah versi tutorial e-learning yang diperluas. SAP bahkan menggunakan gamification untuk mengajari karyawan tentang keberlanjutan.

Desain Teknis

Desain teknis adalah bidang yang menggunakan gamification. Dapat terlihat dari logika yang menyiratkan sistem komputer untuk mencapai hasil yang lebih baik. Area penting dari desain teknologi gamification adalah modul yang dirancang di sekitar pemain. Berdasarkan metodologi desain yang berpusat pada pengguna. Contoh paling utama ialah mempromosikan konektivitas yang lebih besar dan perubahan perilaku positif di antara konsumen teknologi.

Proses Ini adalah proses 5 langkah yang memungkinkan komputer terhubung dengan orang lain secara online untuk membantu mereka mencapai tujuan mereka dalam jangka waktu tertentu.

5 langkah bidang desain teknis diantaranya audiens target, misi dan tujuan mereka, memahami motivasi manusia. Hal ini terpacu untuk mengelola, memantau, dan mengukur cara berbagai hal digunakan secara aktif dan dimaksudkan secara implisit.

Oleh karena itu, dengan bantuan teknologi gamification. Khususnya game online memiliki lebih banyak ruang untuk pengembangan dalam hal mengeluarkannya dari konteks.

Published by
Admin

Recent Posts

Sekelumit Cinta Segitiga Dini Nurdiani Berujung Pembunuhan Berencana Detik

Jakarta - Misteri hilangnya wanita berusia 26 tahun bernama Dini Nordian berusia 26 tahun yang…

19 hours ago

Biar Gak Bosen Puasanya, Nih 7 Game Online Terbaik Di Bulan Ramadan Tahun 2022 IniSumedang.Com

INISUMEDANG.COM - Selama Ramadhan, kecuali sahur dan buka puasa bersama. Ngabubur juga merupakan waktu yang…

1 day ago

10 Drakor Terpopuler Di Minggu Ketiga April 2022, Our Blues Bertahan Di Puncak Kontan

Bizim Blues, salah satu daripada 10 drama paling popular pada minggu ketiga April 2022, mengungguli…

2 days ago

Kasus Hepatitis Akut Di Indonesia, 5 Anak Meninggal, Dan Kasus Terbanyak Di Jakarta

JAKARTA, Indonesia, hepatitis akut, 5 anak meninggal, dan kasus terbanyak di Jakarta - Indonesia merupakan…

6 days ago

Gak Di China Gak Di Indonesia, Saham Sektor Teknologi SamaSama Ambles!

Baik di China maupun di Indonesia, sektor teknologi sedang tenggelam! , Jakarta - Tekanan pada…

6 days ago

Edukasi Gaming: Kenali Tujuan Anak Dan Remaja Bermain Game Online

Transformasi dunia game terjadi dengan sangat cepat. Anak-anak kota khususnya sudah tidak asing lagi dengan…

1 week ago