Categories: kesehatan

Kesepakatan Pendanaan Kesehatan Di G20 Menciptakan Kesejahteraan Bersama Internasional Kontan

Published by
Admin
Share

Reporter: Tim Conton Penerbit: Ridwal Prema Gojal

Kesepakatan pembiayaan kesehatan G20 menghasilkan kekayaan global – Jakarta Salah satu isu utama pada pertemuan G20 adalah pengembangan arsitektur kesehatan global yang akan memungkinkan semua negara untuk bersama-sama mencegah dan lebih mempersiapkan diri menghadapi krisis kesehatan global di masa depan.

Karena semua negara telah menghadapi pandemi covid-19 sejak tahun 2020 dan itu menunjukkan bahwa mereka semua rentan ketika menghadapi masalah kesehatan. Dampaknya adalah hancurnya sendi-sendi ekonomi akibat wabah tersebut.

Kini, sebagai Presiden G20, Indonesia mengajak seluruh negara anggota G20 untuk meninjau kembali upaya kolektif mereka dalam pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi. Karena tidak dapat disangkal bahwa kesehatan dan keuangan global saling bergantung.

Untuk mewujudkannya, Presiden G20 membentuk Joint Finance and Health Task Force (JFHTF). Gugus tugas ini terdiri dari perwakilan dari sektor keuangan dan kesehatan negara-negara anggota dan bertujuan untuk meningkatkan dialog dan kerja sama internasional dalam pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi.

JFHTF mendorong pertukaran pengalaman dan pencarian solusi praktis progresif untuk memecahkan masalah medis dan keuangan.

Selain itu, gugus tugas berusaha untuk mengembangkan pendekatan terkoordinasi dan mendorong tindakan bersama antara Kementerian Keuangan dan Kesehatan untuk menilai dan menanggapi keadaan darurat kesehatan dengan implikasi lintas batas.

Pada saat yang sama, pertemuan tersebut menyerukan pengelolaan sumber daya yang efektif untuk mencegah epidemi.

Pada pertemuan pertama JFHTF di Yogyakarta beberapa waktu lalu, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia mengangkat tiga isu utama.

Pertama, mengusulkan pembentukan Financial Intermediate Fund (FIF) yang akan digunakan untuk kesiapsiagaan, pencegahan dan penanggulangan pandemi (PPR).

Kedua, mengembangkan rencana koordinasi Kesiapsiagaan, Pencegahan, dan Respons Pandemi (PPR) di seluruh sektor keuangan dan kesehatan.

Berdasarkan dua proposal tersebut, menteri keuangan dan kesehatan G20 menyepakati perlunya mekanisme pembiayaan multilateral baru yang bertujuan untuk menutup kesenjangan pendanaan pandemi PPR.

JFHTF menyetujui pembentukan Dana Perantara Keuangan (FIF) dengan Bank Dunia sebagai wali amanat.

Pada pertemuan berikutnya, pada November 2022, JFHTF juga akan membahas tata kelola dan fungsi FIF menjelang rencana pengumuman resmi pembentukannya pada KTT G20 pada November 2022.

Menteri Shri Mulyani Indrawati mengatakan komitmen FIF telah mencapai sekitar $1,1 miliar.

Dana umum ini akan digunakan untuk mencegah, mempersiapkan, dan menanggapi potensi wabah yang berulang.

Dari jumlah tersebut, kontribusinya adalah 500 juta dolar.

Negara lain yang telah berkomitmen untuk mendanai FIF ini adalah Amerika Serikat, Uni Eropa, Jerman, Inggris, Singapura, Gates Foundation dan Wellcome Trust.

Mengingat kebutuhan pembiayaan kesehatan global saat ini, diperkirakan $ 10,5 miliar masih cukup untuk menanggapi wabah di masa depan.

Namun, Menkeu mengatakan aspek terpenting dari kesepakatan tersebut adalah menciptakan keselurahan antara kementerian keuangan dan kesehatan serta memerangi epidemi di negara maju dan berkembang.

“Inilah cara kita dapat secara efektif mempersiapkan diri untuk bersama-sama melawan pandemi global berikutnya,” kata Menteri Shri Muliani pada akhir Juni tahun lalu.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Kelompok Kerja Keuangan dan Kesehatan G20 telah membuat kemajuan dalam mempromosikan aksi bersama untuk memerangi epidemi.

Budi yakin kesepakatan ini akan memperkuat arsitektur kesehatan global dan membawa hasil nyata pada pertemuan Oktober mendatang.

Menteri Budi menekankan tujuan khusus FIF, yaitu meningkatkan pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi global. Dan langkah penting berikutnya adalah memprioritaskan investasi FIF.

“Kemitraan ini penting untuk kesehatan dan kesejahteraan semua,” kata Menkes beberapa waktu lalu.

Menurut menteri kesehatan, FIF saja tidak cukup untuk memerangi wabah di masa depan. Untuk itu, FIF ini merupakan bagian dari kegiatan Kepresidenan G20 Indonesia yang lebih luas di G20 Health Pathway.

Namun, upaya masa depan melalui perjanjian pendanaan dan kolaborasi bersama antara sektor kesehatan dan keuangan akan mengarah pada posisi yang lebih kuat di jalur global menuju kemakmuran dan pemulihan bersama dari krisis Covid-19.

Lihat lebih banyak berita dan artikel di Google Berita.

Donasi, dapatkan voucher gratis!

Dukungan Anda meningkatkan keinginan kami untuk menghasilkan artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ucapan terima kasih atas perhatiannya, akan diberikan voucher donasi gratis yang dapat digunakan untuk pembelian di toko KONTAN.

G20 akan membentuk lembaga keuangan kesehatan internasional

Published by
Admin
Tags: kesehatan

Recent Posts

Kemenkominfo Dukung Komunitas Di Sumatra Jadikan Hobi Menjadi Bisnis Republika Online

Padahal, keberadaan teknologi digital seperti media sosial telah membuka kemungkinan tersebut. Kementerian Komunikasi dan Informatika… Read More

6 hours ago

Mengupas Tren Anak Muda Cari Cuan Lewat Game Online |

Riset tren pendapatan anak muda menggunakan game online | Judi online sering menjadi permainan yang… Read More

22 hours ago

Kemajuan Teknologi Dorong Peningkatan Literasi Kesehatan Masyarakat ANTARA

Jakarta (Antara) - Juru bicara Kementerian Kesehatan (Cheminex) Muhammad Sahrel berharap literasi universal di bidang… Read More

2 days ago

8 Drakor Terbaru Yang Akan Tayang Di Bulan Agustus 2022, Banyak Cerita Seru! Kontan

8 drama terakhir tayang Agustus 2022, banyak cerita menarik. Kontan, serial terbaru Drakor yang akan… Read More

2 days ago

Tidak Cuma Seru, Ini 5 Pesan Bermakna Anime Spirited Away

Siapa yang tidak tahu anime ini? Speeded Away atau judul Jepangnya Sen to Chihiro no… Read More

3 days ago

Hobi Kongkow, Lali Bojo Radar Kediri

Kelakuan Mbok Ndevora kali ini benar-benar keren. Namun, dia lebih suka bergaul dengan teman-temannya. Saya… Read More

3 days ago