Categories: kesehatan

Kesehatan Gigi Yang Buruk Bisa Memicu Demensia

Published by
Admin
Share

Kesehatan gigi yang buruk dapat memicu demensia: Sebuah studi baru menunjukkan gigi yang sehat membantu menjaga otak Anda tetap sehat.

Dalam studi ini, para peneliti menemukan bahwa kesehatan gigi yang buruk dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko penurunan kognitif dan demensia di kemudian hari.

Peningkatan risiko ini terutama terlihat pada orang yang kehilangan sebagian atau seluruh giginya.

Kesehatan Gigi Buruk Bisa Menyebabkan Demensia Sakit Gigi Bisa Menyebabkan Kematian?

Dikutip dari Gizmodo, Sabtu (10 September 2022) Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kesehatan gigi dan gusi dapat mempengaruhi bagian tubuh lainnya, termasuk otak.

Namun, penelitian ini kurang meyakinkan dan masih banyak ketidakpastian tentang hubungan antara gigi dan bagian tubuh lainnya.

Dalam sebuah studi baru oleh tim dari University of Eastern Finland, mereka mencoba meta-analisis data yang mungkin menjelaskan kesenjangan pengetahuan ini.

Tim mengumpulkan dan menganalisis 47 studi longitudinal yang melacak kesehatan mulut dan otak seseorang dari waktu ke waktu. Tim juga secara khusus menyaring orang-orang yang tidak didiagnosis dengan demensia pada awal penelitian.

Pada akhirnya, para peneliti menemukan bahwa orang dengan kesehatan mulut yang buruk 23% lebih mungkin untuk mengembangkan gangguan kognitif dan 21% lebih mungkin untuk mengembangkan demensia.

Dan melalui berbagai intervensi kesehatan mulut yang diperiksa, tim peneliti juga menemukan bahwa kehilangan gigi khususnya juga dapat dikaitkan dengan penurunan kognitif dan demensia.

"Kesehatan periodontal yang buruk dan kehilangan gigi tampaknya meningkatkan risiko penurunan kognitif dan demensia," tulis para peneliti dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of American Geriatric Society.

Namun, para peneliti mengatakan bukti yang mereka tinjau masih terbatas, sehingga sulit untuk menarik kesimpulan yang tegas.

Kesehatan gigi yang buruk dapat menyebabkan demensia Kapan gigi anak saya dapat diperiksa?

Banyak penelitian melihat kelompok orang yang berbeda (beberapa hanya mencakup orang di atas 65 tahun) atau melacak kelompok orang selama periode waktu yang berbeda. Namun, orang lain mungkin memiliki masalah metodologis dengan penelitian ini.

Namun, para peneliti mengatakan survei mereka adalah yang terbesar dari jenisnya hingga saat ini.

Dalam analisis terpisah, para peneliti berusaha menjelaskan hubungan antara kesehatan gigi dan kesehatan kognitif dalam hal kausalitas terbalik.

Hasil mereka menunjukkan bahwa sementara ada hubungan sebab akibat yang jelas antara kesehatan mulut yang buruk dan demensia, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami detail hubungan ini. Dengan proses hukum di belakangnya.

Kesehatan gigi yang buruk dapat menyebabkan demensia Mengapa orang memiliki gigi susu? penjelasan ini

Beberapa berspekulasi bahwa bakteri yang ada pada orang dengan penyakit gusi dapat memicu atau mempercepat rangkaian peristiwa kompleks yang menyebabkan demensia.

Tim juga menemukan bahwa kehilangan gigi dapat merusak otak yang menua dengan menghambat sensasi normal. Dan ada kemungkinan faktor lain yang dapat berdampak negatif pada wajah dan otak secara bersamaan, seperti kekurangan nutrisi.

Hasil ini juga menunjukkan bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut memiliki banyak manfaat. Tidak ada alasan untuk tidak menyikat gigi setiap hari dan mengunjungi dokter gigi secara teratur.

Tim peneliti menambahkan bahwa lebih banyak yang harus dilakukan untuk memastikan setiap orang memiliki akses ke perawatan gigi berkualitas sepanjang hidup mereka.

Dapatkan update harian dan berita terbaru dari Kompas.com . Kami bergabung di grup Telegram News Update Kompas.com, ikuti tautan https://t.me/kompascomupdate lalu bergabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Obat untuk Demensia: Apa yang Perlu Diketahui Pengasuh Dr. Sara Mora UCLAMDCchat

Published by
Admin
Tags: kesehatan

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago