Satu Indonesia Satu Indonesia Twitter

Inspiranation 13th SATU Indonesia Awards 2022: Bangun Negeri Dengan Teknologi

Satu Indonesia Satu Indonesia Twitter

Bersama Alamanda, Hendra berbicara tentang bagaimana teknologi bekerja dengan penanam kanker tradisional.

"Jadi pertama-tama kami pergi ke produsen tradisional untuk melihat apakah ada teknologi baru dan apa teknologinya, kemudian kami akan menunjukkan kepada Anda masalah apa yang dapat kami selesaikan dengan teknologi ini. Ini memiliki hubungan simbiosis dengan produsen tradisional."

Selain itu, Ono W. Purbo menekankan tidak hanya keunggulan hal terpenting dalam teknologi, tetapi juga dampaknya terhadap masyarakat. Semakin tinggi dampaknya, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan masyarakat untuk menggunakan teknologi untuk membangun tempat tersebut.

Hendra kemudian ingin menyelesaikan dua masalah. Oleh karena itu, pada tahun 2015, ia mulai mengukur jumlah nelayan yang kehilangan pekerjaan dan kemungkinan terkena kanker di Chitubondo, serta keadaan air dan suhu. Setelah dua tahun penelitian, ia mampu mengembangkan sensor IoT berbasis sel untuk memantau kualitas air. Kotak tersebut kemudian terhubung ke aplikasi Lobstech, sehingga nelayan dapat memantau air di rumahnya menggunakan ponsel.

Hendra awalnya berjuang untuk menjual lobster ke nelayan dan masih percaya budidaya lobster tidak akan berhasil, tetapi usahanya untuk mengubah nelayan menjadi skema bagi hasil akhirnya membuahkan hasil.

Seiring berjalannya waktu, usaha Hendra membuahkan hasil. Teknologi Lobtechtech saat ini digunakan di daerah seperti Sitobonde, Pasitan, Jember dan Lombock, Nusa Tenggara Barat. Hendra yang terpilih sebagai salah satu pemenang SATU Indonesia Awards 2021, saat ini memiliki 15 karyawan dan berharap bisa memasang 3.000 sel teknologi IoT di Sitobonde ke depan.

Melanjutkan pencarian sosok-sosok inspiratif seperti Hendra, tahun ini Astra akan menjadi tuan rumah SATU Indonesia 2022 Awards ke-13 untuk kepentingan anak muda di seluruh Indonesia. Tim yang mewakili Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Teknologi dan Lima Bidang tersebut mengucapkan terima kasih kepada kelima anak negeri tersebut.

Penerima manfaat di tingkat nasional akan menerima Rs 65 juta melalui dana dukungan mobilitas serta bantuan pengembangan usaha. Astra juga memuji peringkat tahun ini.

Juri 2022 STU Awards Indonesia ke-13 antara lain sebagai berikut:

  • Profesor Nila Moloch (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
  • Profesor Emil Salim (Doktor Ilmu Lingkungan, Universitas Indonesia)
  • Profesor Fasli Jalal (Rektor Universitas Yarsi dan mahasiswa PhD di Universitas Negeri Jakarta)
  • Eh. Tri Mampini (Pendiri Institut Perdagangan Umum dan Ekonomi)
  • Ono W. Purbo, Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi)
  • Arif Zulkifli (Direktur PT Tempo Inti Media Tbk)
  • Diane Sastrorovardo (Artis)
  • Billy Bonn (Pendiri Young On Top)
  • Putra Kella dan Sobroto (Astra, Corporate Communications Manager)
  • Dia Suran Febrianti.
  • Detail lengkap dan pendaftaran tersedia di www.satu-indonesia.com. Pendaftaran peserta dibuka hingga 9 Agustus 2022.

    Komitmen Hendra terhadap adopsi teknologi IoT sejalan dengan kesejahteraan nasional Astra dan tujuan pembangunan berkelanjutan Indonesia.

    (*)

    I-Witness Dep "Nuebe, Trese, Catorse", Dokumenter "Kara David" | Kelas penuh

    error: Content is protected !!