Categories: teknologi

Indonesia Kembangkan Teknologi Pembuatan Es Dengan Matahari SuaraBanyuurip

Published by
Admin
Share

Suarabanyuurip.com – Dr. Soko Nugroho

Jakarta. Pemerintah Indonesia terus menggalakkan energi terbarukan. Seseorang menggunakan energi matahari untuk membuat es.

Pengembangan energi surya ditangani oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Sumber Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE). Baik pembuat es surya atau pembuat es surya.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya tersebut diresmikan pada Senin (31 Oktober 2022) di Sulamu, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Fasilitas ini dibuat untuk mendukung optimalisasi potensi sektor perikanan di wilayah pesisir Indonesia, khususnya di wilayah pesisir Kupang.

Pembuat es surya dilengkapi dengan panel surya dengan daya maksimum 25 kilowatt (kW) yang mendinginkan air asin hingga (-15)°C dan digunakan untuk membuat balok es sehingga dapat terus memproses balok es selama proses berlangsung. sedang dibuat. Es. Malam hari. Mesin Es Surya Sulamu sepenuhnya otonom dan dapat menghasilkan 1 ton es balok per hari atau hingga 245 ton per tahun.

Andria Febi Misna, Direktur Aneka Sumber Energi Baru dan Energi Terbarukan, mengatakan pengembangan teknologi solar ice sudah dilakukan sejak 2016 karena produk ikan tidak bisa disimpan di lemari pendingin di NTT karena kekurangan pasokan listrik. Di sisi lain, potensi energi matahari kaya, sehingga teknologi ini adalah solusi yang baik.

Menurut Fbee, tenaga surya dan peluang penangkapan ikan di Desa Sulamu yang berjarak sekitar 85 kilometer dari Kota Kupang sangat menjanjikan. Namun, ini tidak didukung oleh akses yang memadai ke rantai dingin. Nelayan Sulamo harus mengumpulkan balok es dari Kupang untuk melindungi hasil tangkapannya. Keadaan ini menyebabkan pembusukan hasil tangkapan dan kematian nelayan.

“Teknologi es surya sangat berguna bagi para nelayan di sini. Diharapkan dapat memenuhi sekitar 56% kebutuhan es Solam dan membantu nelayan menjaga kesegaran hasil tangkapannya,” kata Phoebe dalam keterangannya. . penyataan. .

Senin (31/10/2022) Pembukaan Pabrik Es Tenaga Surya, Kabupaten Kupang, Sulamu, Nusa Tenggara Timur.
© 2022 Suarabanyuurip.com/Doc. menguasai

Sebelumnya pada tahun 2020, Kementerian ESDM bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (MMF) membangun pembangkit listrik tenaga surya atap untuk cold store MMF di 12 lokasi. Pemerintah Jerman melalui German International Cooperation Agency (GIZ), telah mendukung dan melanjutkan pengembangan proyek percontohan solar ice maker, yaitu pabrik es balok yang ramah lingkungan, tidak hanya karena menggunakan energi matahari, tetapi juga karena menggunakan pendingin (kulkas) yang ramah lingkungan. .

Phoebe menjelaskan bahwa kerjasama dengan pemerintah Jerman ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah, serta dukungan internasional untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, serta komitmen Indonesia untuk mencapai target COP 26 dan NZE nol emisi karbon pada tahun 2060 atau lebih cepat. Mendukung.

Ia menambahkan, teknologi produksi es surya ini memiliki beberapa keunggulan. Selain meningkatkan ketahanan energi dan kemandirian kita, pengembangan sumber energi baru dan terbarukan juga membuka peluang dan menciptakan ekonomi hijau. Ini juga menjadi wahana pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Kami berharap teknologi solar ice machine tidak berhenti di situ, tetapi dapat direplikasi dan dikerahkan, dan pengembangan teknologi ini akan terus mendukung sektor perikanan Indonesia dan transisi ke energi berbasis masyarakat,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Bupati Kupang Corinus Masneno. Menurut dia, mesin es surya ini merupakan inovasi teknis yang menggabungkan energi terbarukan, yaitu energi matahari, dengan energi pendingin, yang merupakan sistem yang sepenuhnya otonom. Alat ini sangat berguna terutama bagi para nelayan saat membuat es batu sebagai pengawet untuk memancing.

“Mesin ini lebih irit dibandingkan mesin diesel. Dikombinasikan dengan melimpahnya sinar matahari di NTT, mesin es bertenaga surya pasti akan meningkatkan produktivitasnya. Mendukung masyarakat nelayan sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor perikanan laut dan memberdayakan nelayan lokal di daerah ini,” kata Korinos.

Pada kesempatan yang sama, Thomas Graf, Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar Jerman di Indonesia, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian ESDM dan seluruh peserta yang telah menjadi mitra strategis dalam pengembangan energi surya. Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Jerman untuk mendukung berbagai proyek di seluruh dunia yang bertujuan untuk memecahkan masalah perubahan iklim dan pengembangan sumber energi terbarukan.

“Ini adalah bukti bahwa proyek ini dapat menjadi masa depan yang cerah bagi teknologi hijau yang dapat membantu memecahkan masalah teknologi atau energi yang kita hadapi. Oleh karena itu, kami berharap proyek ini akan menciptakan lapangan kerja melalui penggunaan teknologi berkelanjutan, serta meningkatkan penghijauan. perekonomian di masa depan.

Sekadar informasi, proyek salju bertenaga surya ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah Indonesia, Direktorat Jenderal EBTKE dan pemerintah Jerman cq Deutsche Gesselschaft fur Internationalle Zusammenarbeit (GIZ) dan merupakan hasil kerjasama jangka panjang antara lembaga penelitian internasional dan penyedia teknologi lokal. dan investor lokal. Pemerintah Indonesia sangat mengapresiasi kerja keras GIZ dan semua pihak, karena fasilitas pembuatan es ini merupakan perkembangan teknologi baru, dan pemanfaatannya secara penuh langsung untuk masyarakat. (suko)

Pertanian surya untuk Rusia dan Ukraina || teknologi pertanian modern

Published by
Admin
Tags: teknologi

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago