Categories: kesehatan

Ikan Terbaik Untuk Kesehatan Otak Republika Online

Share

Makanan laut kaya akan protein.

Ikan Terbaik untuk Kesehatan Otak Republika Online, JAKARTA Seafood dikenal sebagai makanan yang kaya akan protein, lemak sehat, vitamin B dan mineral. Tak heran jika seafood memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk otak. Dari sekian banyak jenis seafood, salmon liar dianggap sebagai ikan terbaik untuk mendukung kesehatan otak.

Menurut Nutrients, lebih dari separuh otak terdiri dari lemak, khususnya asam lemak tak jenuh ganda omega-3. Sekitar 90% lemak yang menyusun struktur otak adalah asam docosahexaenoic (DHA).

Salmon merupakan salah satu jenis ikan dengan kandungan DHA yang tinggi. Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 jenis lain yang juga penting, yaitu asam eicosapentaenoic (EPA).

Satu porsi tiga ons salmon liar mengandung 1,22 gram DHA dan 0,35 gram EPA. Konten ini sudah sesuai dengan sekitar 100% dari RDA untuk DHA dan EPA.

Selain itu, salmon liar dapat membantu tubuh memproduksi protein yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF dikenal untuk mendukung pertumbuhan dan pertahanan sel otak. BNFD juga dikenal sebagai protein yang berperan dalam pembentukan sel-sel otak baru.

Ini tentu kabar baik, terutama bagi pecinta salmon. Untuk manfaat otak yang optimal, salmon harus dikonsumsi setidaknya dua kali seminggu. Yang ideal adalah makan ikan berminyak ini tiga kali seminggu.

Salmon dapat disajikan dengan berbagai cara. Beberapa di antaranya dibuat dengan salmon panggang, salmon goreng, atau aditif kari.

Salmon liar tanpa tulang yang dijual segar cenderung lebih mahal. Salmon liar kalengan bisa menjadi alternatif yang lebih ramah. Hidangan salmon liar kalengan ini bisa diubah menjadi salad menjadi burger.

Beberapa penelitian sedang dilakukan untuk memahami peran asupan makanan pada kesehatan otak. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, asupan asam lemak tak jenuh ganda yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari gangguan kognitif ringan. (Adicha Citra Ramadhani)

Sumber:

https://www.eatthis.com/best-fish-keep-brain-sharp/

Ruang pertemuan produk dan kemungkinan yang luas

Published by
Admin
Tags: kesehatan

Recent Posts

Petik Buah Dari Hobi Meneliti RADAR SEMARANG

RDARSEMARANG.ID, Antusias, tiga lulusan Universitas Kristen Satya Vacana (UKSW) memulai studinya berbeda dengan mahasiswa lainnya.…

4 hours ago

Comeback Lewat ‘WHY HER’, Ini 6 Drakor Seo Hyun Jin Dengan Karakter Paling Memorable

Kapanlagi.com - Menurut Good Data Corporation, Seo Hyun Jin menjadi salah satu aktor Korea tersukses…

12 hours ago

Relawan TIK Sidoarjo Lakukan Pemberdayaan Teknologi Pada Masyarakat Sekitar

Volunteers of Information and Communication Technologies (TIC) adalah organisasi yang bertujuan membantu pemerintah menyebarkan penggunaan…

20 hours ago

Traveloka Perluas Fasilitas Akses Layanan Kesehatan Republika Online

Traveloka telah diunduh ratusan juta kali. Traveloka memperluas akses layanan kesehatan online dari Republik Jakarta…

1 day ago

Cloudy With A Chance Of Meatballs: Kesesuaian Teknologi Flint Dengan Masa Depan

Meatball Cloud adalah film adaptasi tahun 1978 dari buku anak-anak Judy Ron Barrett. Skenarionya ditulis…

1 day ago

Toyota Indonesia Ajak Masyarakat Bedah Teknologi Veloz Terbaru

Jakarta, Toyota Indonesia Ajak Asosiasi Veloz untuk Teknologi Bedah Terbaru - Toyota Gelar Pameran bertajuk…

2 days ago