Categories: kesehatan

Ikan Terbaik Untuk Kesehatan Otak Republika Online

Published by
Admin
Share

Makanan laut kaya akan protein.

Ikan Terbaik untuk Kesehatan Otak Republika Online, JAKARTA Seafood dikenal sebagai makanan yang kaya akan protein, lemak sehat, vitamin B dan mineral. Tak heran jika seafood memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk otak. Dari sekian banyak jenis seafood, salmon liar dianggap sebagai ikan terbaik untuk mendukung kesehatan otak.

Menurut Nutrients, lebih dari separuh otak terdiri dari lemak, khususnya asam lemak tak jenuh ganda omega-3. Sekitar 90% lemak yang menyusun struktur otak adalah asam docosahexaenoic (DHA).

Salmon merupakan salah satu jenis ikan dengan kandungan DHA yang tinggi. Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 jenis lain yang juga penting, yaitu asam eicosapentaenoic (EPA).

Satu porsi tiga ons salmon liar mengandung 1,22 gram DHA dan 0,35 gram EPA. Konten ini sudah sesuai dengan sekitar 100% dari RDA untuk DHA dan EPA.

Selain itu, salmon liar dapat membantu tubuh memproduksi protein yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF). BDNF dikenal untuk mendukung pertumbuhan dan pertahanan sel otak. BNFD juga dikenal sebagai protein yang berperan dalam pembentukan sel-sel otak baru.

Ini tentu kabar baik, terutama bagi pecinta salmon. Untuk manfaat otak yang optimal, salmon harus dikonsumsi setidaknya dua kali seminggu. Yang ideal adalah makan ikan berminyak ini tiga kali seminggu.

Salmon dapat disajikan dengan berbagai cara. Beberapa di antaranya dibuat dengan salmon panggang, salmon goreng, atau aditif kari.

Salmon liar tanpa tulang yang dijual segar cenderung lebih mahal. Salmon liar kalengan bisa menjadi alternatif yang lebih ramah. Hidangan salmon liar kalengan ini bisa diubah menjadi salad menjadi burger.

Beberapa penelitian sedang dilakukan untuk memahami peran asupan makanan pada kesehatan otak. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, asupan asam lemak tak jenuh ganda yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari gangguan kognitif ringan. (Adicha Citra Ramadhani)

Sumber:

https://www.eatthis.com/best-fish-keep-brain-sharp/

Ruang pertemuan produk dan kemungkinan yang luas

Published by
Admin
Tags: kesehatan

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago