Categories: hobi

Hobi Menulis, Memangnya Mau Jadi Apa?

Published by
Admin
Share

apa kamu suka menulis Apakah Anda sering duduk untuk menulis? Ini adalah abad ke-21, jadi silakan buka Google dan cari "jenis pekerjaan menulis" dan jika Anda penasaran, Anda dapat mencoba bertanya kepada semua orang berapa banyak yang mereka hasilkan.

Saya memiliki pengalaman pahit dan menghangatkan hati ketika saya mengingat saat ketika saya berani memberi tahu orang lain bahwa saya ingin menulis. apa yang telah terjadi? Mereka tertawa, diremehkan, menasihati bahwa menulis hanyalah hobi.

Saya tidak membantah, dan secara umum, masa lalu berbeda dengan masa kini. Dulu, orang tahu bahwa menulis adalah pekerjaan yang tidak berguna dalam membuat buku, tetapi buku tidak begitu populer di negara berkembang seperti Indonesia.

Jadi intinya sederhana: Penulis = Penjual Buku = Tidak Ada Penjualan = Tidak Ada Penghasilan = Kemiskinan.

Dan rumus di atas sangat jelas, karena menjual demi penghasilan adalah tidak wajar dan tidak boleh dilakukan. Tapi apa yang saya lakukan ketika teman saya sendiri meremehkan pekerjaan yang saya lakukan?

Saya bilang dulu itu hanya hobi, saya melakukannya karena saya senang, saya menerbitkan buku karena saya ingin memiliki buku sendiri, saya tidak mempromosikan untuk menjual, saya bekerja. Untuk diriku sendiri. . Dan reaksi orang-orang sama, mengatakan bahwa apa yang saya lakukan tidak ada gunanya.

Saya juga ingin mengatakan bahwa menulis sebagai tanggapan adalah sebuah proses. Manfaat yang bisa kita rasakan tidak langsung tetapi bertahap dan tidak langsung.

Saya yakin suatu saat kebodohan profesi menulis akan berhenti, banyak yang akan belajar menulis, banyak yang akan menyesal telah mempermalukan penulis, banyak yang akan menyesal tidak belajar menulis lebih awal. Semua orang menyesal suatu hari nanti.

Saya mengatakan ini dalam hati, tidak tahu bahwa dunia bergerak cepat, globalisasi, modernisasi dan budaya menyebar di sana-sini. Dan sebagai malam bam! Orang gila menulis di sana-sini, mengikuti kursus menulis esai, novel, atau kursus pelatihan berbayar yang mahal. untuk apa

Karena suatu saat apa yang tidak pernah dibayangkan semua orang akan menjadi impian favorit semua orang. Dan ini berarti bahwa profesi menulis adalah profesi dengan masa depan yang cerah.

Lihat hobi lainnya

Berikan komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan bertanggung jawab. Komentar adalah tanggung jawab penuh pemberi komentar berdasarkan UU IT.

Kirim

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar!

Lihat semua komentar (2)

Playful Kiss – Playful Kiss: Full Episode 4 (Resmi & HD Subs)

Published by
Admin
Tags: hobi

Recent Posts

Kemenkominfo Dukung Komunitas Di Sumatra Jadikan Hobi Menjadi Bisnis Republika Online

Padahal, keberadaan teknologi digital seperti media sosial telah membuka kemungkinan tersebut. Kementerian Komunikasi dan Informatika… Read More

6 hours ago

Mengupas Tren Anak Muda Cari Cuan Lewat Game Online |

Riset tren pendapatan anak muda menggunakan game online | Judi online sering menjadi permainan yang… Read More

22 hours ago

Kemajuan Teknologi Dorong Peningkatan Literasi Kesehatan Masyarakat ANTARA

Jakarta (Antara) - Juru bicara Kementerian Kesehatan (Cheminex) Muhammad Sahrel berharap literasi universal di bidang… Read More

2 days ago

8 Drakor Terbaru Yang Akan Tayang Di Bulan Agustus 2022, Banyak Cerita Seru! Kontan

8 drama terakhir tayang Agustus 2022, banyak cerita menarik. Kontan, serial terbaru Drakor yang akan… Read More

2 days ago

Tidak Cuma Seru, Ini 5 Pesan Bermakna Anime Spirited Away

Siapa yang tidak tahu anime ini? Speeded Away atau judul Jepangnya Sen to Chihiro no… Read More

3 days ago

Hobi Kongkow, Lali Bojo Radar Kediri

Kelakuan Mbok Ndevora kali ini benar-benar keren. Namun, dia lebih suka bergaul dengan teman-temannya. Saya… Read More

3 days ago