Categories: kesehatan

GERMAS Untuk Tingkatkan Derajat Kesehatan

Published by
Admin
Share

Ambon – Dinas Kesehatan Kota Ambon mengkoordinir dan menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Acara yang melibatkan lembaga antar departemen ini dilaksanakan pada Kamis (22/9) di Mandiri University, Karang Panjang.

Menurut Sekretaris Kota (Sekkot) Agus Ririmase, GERMAS telah disetujui Presiden sebagai program prioritas nasional dalam Inpres. GERMAS I Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Tahun 2017 diterbitkan sebagai pedoman pelaksanaan Menteri kepada seluruh kementerian dan pemerintah daerah, bersama instansi terkait.

“Menurut RPJMN 2020-2024, salah satu strategi untuk mencapai tujuan GERMAS adalah mendukung koordinasi dan promosi kegiatan GERMAS dengan membuat platform komunikasi di Kantor Walikota pada tahun 2021,” tegas Sekda. Pada pembukaan kegiatan dewan kota.

Ia mengatakan hasil yang diharapkan dari pihaknya adalah koordinasi pelaksanaan GERMAS untuk melaksanakan amanat GERMAS OPD Kota Ambon. Ini termasuk mempromosikan aktivitas fisik, mempromosikan perilaku sehat, mempromosikan makanan sehat dan nutrisi yang lebih baik, mencegah dan deteksi dini penyakit, meningkatkan kualitas lingkungan dan memberikan pendidikan untuk gaya hidup sehat.

“Jadi kegiatan ini merupakan salah satu bentuk partisipasi dalam meningkatkan kondisi kesehatan warga Ambon tercinta,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupesi menjelaskan, pihaknya setiap tahun melakukan kegiatan untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar sektor terkait, termasuk OPD Pemkot Ambon.

“Sektor utama kegiatan ini ada di Bapda-Litbang dan koordinator teknisnya adalah dinas perlindungan kesehatan. OPAC lainnya harus mendukung GERMAS untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan pengurangan penyakit bagi masyarakat,” jelasnya. orang bodoh

Untuk lebih meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, GERMAS akan melakukan sosialisasi melalui Kementerian Kesehatan setiap saat selama Puskmas – Puskmas.

“Kegiatan ini juga merupakan review bagi Kemenkes, agar kita tahu apa yang perlu ditingkatkan dalam GERMAS ini”, imbuhnya.

Menurutnya, penting untuk mencegah dan mengatasi kondisi GERMAS selama wabah covid-19, seperti mencuci tangan, batuk, tetapi berolahraga. Demikian pula masyarakat harus makan makanan yang sehat dan bergizi, berolahraga dan memeriksakan kesehatan setiap 6 (enam) bulan sekali.

“Ini adalah hal-hal yang kami bagikan dengan komunitas GERMAS,” akunya. (Mcambo)

Akses Kesehatan LCS – PHBS, SMART, STBM, PATUH

Published by
Admin
Tags: kesehatan

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago