Categories: berita

Gangguan Ginjal Anak Jadi Momok, Menko PMK: Setop Minum Obat Sirop! Detik

Published by
Admin
Share

Jakarta

Penyakit ginjal sering terjadi di Indonesia. Diduga anak tersebut terlibat dalam sirup tersebut. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Efendi, mengimbau warga untuk berhenti minum sirup.

“Saya minta masyarakat tidak pakai sirup sama sekali. Jika Anda tidak menerima saran medis. Jadi berhati-hatilah saat menggunakan sirup, terutama pada anak-anak berusia 1 hingga 15 tahun, kata Muhajir, Jumat malam (21 Februari) di Jakarta. /10), Antara, seperti disebutkan sebelumnya, Sabtu (22/10/2022) pesan teks diterima Detikcom.

Masalah ginjal pada anak dikenal sebagai cedera ginjal akut progresif (GAP). Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengatakan bahwa penyakit ginjal telah menjadi epidemi. Mungkin pada kasus gagal ginjal ini, sirup yang mengandung ethylene glycol (EGG) dan diethylene glycol (DEG) melebihi batas normal.

Departemen Kesehatan telah melaporkan 241 kasus GGAPA sejak 21 Oktober. Intensitas isu tersebut tampaknya meningkat dalam dua bulan terakhir. Sedangkan berdasarkan persentase penyakit, 39 kasus sembuh total, 69 kasus dalam perawatan, dan 133 kasus meninggal.

Menurut hasil pantauan Kementerian Kesehatan, kasus terbanyak terjadi pada anak usia 1-5 tahun sebanyak 153 kasus, disusul kelompok usia 6-10 tahun sebanyak 37 kasus, 26 dan 25 kasus pada kelompok usia 6-10 tahun. anak di bawah usia 1 tahun. 11 tahun. – 18 tahun.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mendesak pelayanan kesehatan di tingkat bawah kota atau kabupaten untuk berhenti dan mengevaluasi masalah ini agar tidak ada kerusakan lebih lanjut.

Pemerintah desa dan kabupaten di seluruh Indonesia, serta petugas kesehatan di pusksmas, posiangdu dan bidan, diminta untuk melacak dan mencatat riwayat medis dan obat-obatan yang diminum oleh anak-anak.

Ia juga menjelaskan, saat ini pengumpulan informasi tentang anak lebih mudah karena tersedianya informasi manajemen pembangunan di daerah-daerah di bawah desa, yang dapat digunakan untuk mengontrol kesehatan anak.

“Saya meminta kepada perangkat desa, bidan desa, kepala poliklinik untuk melakukan skrining massal terhadap anak-anak di bawah usia 15 tahun, yang sedang mengonsumsi obat sirup dan yang tidak,” ujarnya.

Menko Muhajir juga mengatakan, keberadaan kasus ini harus menjadi insentif untuk memulai kembali layanan medis dasar untuk memperkuat layanan kesehatan masyarakat. Ia mencontohkan, kasus ini tidak boleh serius dan tidak ditangani di kemudian hari, yang akan berujung pada kematian.

“Yang terpenting kita perlu memperhatikan semua anak di bawah 15 tahun di seluruh Indonesia. Pelayanan kesehatan tidak harus menunggu pengobatan datang. Tapi kita harus menyisir garis bawah. Jika sejarah memungkinkan, kejadian ini dapat dicegah semaksimal mungkin, kata Menko PMK.

Pada malam harinya, Menko PMK menggelar rapat koordinasi tingkat menteri (RTM) dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala BPOM Penny K. Lukito dan pejabat Kementerian Perindustrian dan Perdagangan dilakukan dengan perwakilan. Akses pendidikan dan pengobatan gagal ginjal akut pada anak.

(Di bawah/Edit)

Published by
Admin
Tags: berita

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago