Categories: teknologi

Direktur Nyoman: Adopsi Teknologi 4.0 Akan Dongkrak Penjualan UMKM Ditjen

Published by
Admin
Share

Jakarta, Direktorat Jenderal APTIKA – Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong pertumbuhan UKM dengan mempercepat transformasi digital dengan target mencapai 20 juta UKM pada tahun 2022. Penjualan produk

“Selama dua tahun terakhir dalam webinar 'Monitoring Digital Transformation Opportunities' untuk Mikro, Kecil dan Nasional, kami telah fokus pada penjualan proaktif yang dibutuhkan pelaku usaha UKM untuk berinteraksi dengan pelanggan dan menciptakan nilai operasional. Percepatan ekonomi. dunia usaha.”, Selasa (27/9/22).

Menurut Direktur, target UKM on board (penjualan digital) dari 2020 hingga 2022 mencapai 30 persen dari total 64 juta MCOS, yaitu sekitar 20 juta. Pada saat yang sama, seharusnya mencapai 50 persen atau sekitar 30 juta KOS pada tahun 2024.

Seperti yang dijanjikan Presiden Joko Widodo, pertumbuhan ekonomi digital menjadi tumpuan pemulihan ekonomi nasional. Di masa pandemi, ekonomi digital tumbuh paling cepat dengan dukungan sektor lain seperti kesehatan, logistik, telekomunikasi, serta sektor makanan dan minuman.

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Administrasi Umum APTIKA juga memiliki beberapa program pemulihan usaha kecil dan menengah pascapandemi dalam dua tahun ke depan, seperti pelatihan dan pendampingan UMKM untuk menerapkan Teknologi 4.0. Misalnya, menggunakan fitur kode QR untuk melihat produk yang dijual, tempat penjualan dengan ponsel dan aplikasi berbasis augmented/virtual reality .

“Program ini berjalan intensif selama enam bulan, dan dilaksanakan satu per satu, karena tidak mungkin semuanya bisa dilakukan dengan internet ,” kata Newman kepada Adiyarnaya.

Direktur Newman menjelaskan selain membangun kembali program sosialisasi UMKM, infrastruktur menjadi prioritas untuk mendukung perluasan ekosistem digital UMKM. Kondisi geografis menjadi kendala dalam penempatan infrastruktur.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia menghadapi tantangan dalam distribusi infrastruktur teknologi telekomunikasi. "Tanpa sinyal, kita tidak bisa memimpin transformasi digital," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Newman, pada tahun 2023, Chemcominfo akan meluncurkan satelit Satria yang dirancang khusus untuk terhubung ke Internet guna mendukung distribusi Internet ke wilayah 3T (late, leading, outer).

Direktur Newman juga mengusulkan pembagian tanggung jawab UKM untuk meningkatkan penjualan produk. Yang terbaik adalah menjadi produsen produk UKM di daerah dengan jangkauan internet yang tidak stabil.

"Sementara itu, daerah dengan jangkauan internet yang lebih baik harus fokus pada strategi pemasaran untuk menjual produknya ke pasar yang lebih luas," kata Newman.

Baca juga: Dengan adopsi teknologi digital, UKM Ternet optimistis bisa mengekspor produknya.

Pada kesempatan yang sama, Timi Satya Perman, Deputi Wakil Presiden Bidang Keuangan dan Investasi untuk Usaha Kecil dan Menengah KemenkopUMKM, mengatakan pada tahun 2022, 19 juta sektor usaha mikro, kecil dan menengah telah bermigrasi ke ekosistem ekonomi digital. Namun, sebagian besar UKM hanya bertindak sebagai penjual atau penjual , bukan sebagai produsen.

“Sayangnya, produk yang mereka jual dari berbagai situs dan pasar e-commerce bukanlah produk lokal, melainkan produk luar negeri.

Menurut Temi, hal ini disebabkan banyaknya pelaku UKM yang menghasilkan produk tetapi tidak bisa menjualnya. Akhirnya mereka memanfaatkan kesempatan untuk berjualan online sebagai penjual produk impor. (yang)

CPFR: Perencanaan Kolaboratif, Peramalan, dan Pengemasan Ulang

Published by
Admin
Tags: teknologi

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago