Categories: berita

Detikdetik Siswi SMAN 1 Banguntapan Dipakaikan Jilbab, Terungkap Dari Rekaman CCTV

Published by
Admin
Share

Detik Banguntapana, Siswa Berhijab di SMAN 1, Direkam Kamera CCTV

Usai verifikasi, Kemendikbud menyerahkan hasil verifikasi kepada perwakilan Ombudsman DI Yogyakarta dan merilis isi rekaman CCTV sebagai bukti lanjutan pada Jumat (8/5/2022).

Kepala Ombudsman RI di Yogyakarta, Budhi Masturi, mengatakan rekaman CCTV menunjukkan mahasiswi berhijab itu terlihat tenang dan sedikit menunduk.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan percaya ada unsur paksaan yang terlibat, karena rekaman CCTV menunjukkan status ucapan seorang siswa yang mengenakan jilbab saat ia berinteraksi secara dekat dengan tiga orang dewasa.

"Mereka melihat kamera pengintai, hasil rekaman video, mereka menceritakan dan menggambarkan, ya sebenarnya menurut mereka ada paksaan, ada unsur pemaksaan. Karena mereka melihat bahasa tubuh anak, dll, dan dia berhadapan muka dengan tiga orang dewasa dalam jarak berjalan kaki. Dan kemudian, ketika dia berpakaian, dia berhenti berbicara dan memandangi bayi itu untuk sementara waktu. Itu jelas. "

Detik Siswa SMAN 1 Bangun Berhijab, Rekaman CCTV Menunjukkan Rekaman CCTV, SMAN 1, Siswa Bangun Tanpa Suara dan Rukuk Berhijab

Menurut mereka, Bode mengatakan alat bukti tersebut memenuhi kriteria paksaan.

Namun, Ombudsman belum bisa menyimpulkan ada atau tidaknya pemaksaan dan terlebih dahulu menganalisis bukti-bukti yang ditemukan.

“Kami melihat kamera pengintai. Telah ditampilkan. Kami sudah melihatnya ketika dipasang, tetapi mereka memiliki banyak data. Kami baru melihatnya,” ujarnya.

"Ombudsman masih menarik kesimpulan, tapi video surveillance atau cerita yang diceritakan oleh inspektur jenderal menambah bukti kami untuk menyimpulkan apakah ada pemaksaan," katanya.

Kedepannya, Ombudsman akan mendengarkan pendapat psikolog CPAI dan mengusut kejadian tersebut dengan baik, meski dengan atau tanpa paksaan.

Detik-detik Siswa SMAN 1 Banguntapana Berhijab Terlihat di Rekaman CCTV Soroti Kasus Pelajar Perempuan Dipaksa Berhijab di Bantul Kemendiqboud melarang kekerasan rasial

“Kami masih mencari data lagi, karena mungkin kami ingin mendengar pendapat psikolog CPAI tentang bagaimana tindakan seperti itu bisa terjadi secara psikologis. Hal itu akan mempengaruhi jiwa anak, yang kemudian diklasifikasikan sebagai paksaan atau tidak, karena harus berhati-hati dengan nasib. Orang tidak akan khawatir sampai mereka sampai pada kesimpulan yang salah. "

Sumber: Kompas.com (Penulis Yokjakarta Vijaya Kusuma | penerbit Robertus Belarminus)

Dapatkan berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Bergabunglah dengan grup Telegram News Update Kompas.com kami dengan mengikuti tautan https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

SMAN 1 BANGUNTAPAN BANTUL

Published by
Admin
Tags: berita

Recent Posts

Momen Usung Anies Capres Dikaitkan Duka Kanjuruhan, Ini Kata NasDem Detik

Jakarta - Dua hari setelah tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, berbagai pihak menyoroti pernyataan capres… Read More

9 hours ago

5 Tempat Paling Angker Di Amerika, Hobi Berburu Hantu Silakan Datang! Okezone

Horor , kata yang mungkin muncul di benak, misterius dan mengganggu. Mungkin Anda pernah mendengar… Read More

17 hours ago

Anime “NARUTO” Rayakan Ulang Tahun Ke20 Lewat Video Spesial ANTARA

Jakarta (ANTARA) - Tanggal 3 Oktober akan menandai 20 tahun sejak dimulainya episode pertama serial… Read More

1 day ago

3 Hobi Ini Bisa Buat Anda Miskin, Mulai Jauhi Dari Sekarang! CNBC Indonesia

JAKARTA, CNBC Indonesia - Ada beberapa hal yang Anda lakukan setiap hari tanpa disadari yang… Read More

1 day ago

Game Online Ringan, Bisa Mabar Di Hp Android! Cek Di Sini Ekspres

Teknologi dan Permainan . Game online yang mudah bisa menyenangkan di ponsel android Anda! Lihat… Read More

2 days ago

Milenial Ini Curhat Mudahnya Berobat Jika Miliki Jaminan Kesehatan Detik

Jakarta - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan tulang punggung masyarakat Indonesia yang membutuhkan pelayanan… Read More

2 days ago