Cara Daftar BPJS Kesehatan PBI, Tak Perlu Bayar Iuran CNN Indonesia

Halo semuanya, pada artikel kali ini admin akan membahas tentang masalah kesehatan, mungkin Anda semua menginginkan informasi yang akurat tentang kesehatan, jadi admin akan membahas banyak pertanyaan tentang topik ini, kami harap ini membantu Anda semua dan kami berharap artikel ini dapat membantu Anda. Mengenai solusi perawatan kesehatan, ide atau pengetahuan baru, artikel yang saya terbitkan adalah cara mendaftar BPJS Kesehatan PBI, tidak perlu membayar biaya CNN Indonesia , jumlah kata artikel ini 361 kata dan waktu baca sekitar 1 menit . Dan 12,20 detik, perlu beberapa saat untuk membaca beberapa menit.

Jakarta, CNN Indonesia

Pemerintah membayar iuran BPJS kesehatan bagi masyarakat miskin kepada tanggungan melalui kepesertaan dalam program Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Masyarakat dapat mengajukan bantuan iuran dengan mengikuti cara pendaftaran BPJS Santé PBI di Departemen Sosial ( Mensos ).

Namun, syarat-syarat tertentu harus dipenuhi untuk menjadi anggota PBI BPJS Kesehatan.

Persyaratan ini diatur oleh Menteri Sosial (permensos) n. Pada tahun 21, 2019 tentang persyaratan dan prosedur bagi pengguna untuk mengubah informasi menggunakan kontribusi perawatan kesehatan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Persyaratan Pendaftaran BPJS Kesehatan PBI

Menurut Permensos 21/2019, sejumlah persyaratan harus dipenuhi untuk daftar PBI BPJS Kesehatan agar masyarakat mendapat bantuan dari negara. Berikut rincian persyaratan PBI BPJS Kesehatan.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIC) yang terdaftar di Departemen Kedudukan Sipil (Dukapil) Kementerian Dalam Negeri.
  • Orang yang terdaftar dalam Data Jaminan Sosial Terpadu (DTKS) adalah orang miskin, yaitu orang yang tidak memiliki sumber penghasilan tetapi tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup lainnya, termasuk pembayaran iuran BPJS kesehatan.

Cara daftar BPJS Kesehatan PBI

Perorangan yang ingin menjadi peserta PBI BPJS Kesehatan harus menjadi peserta DTKS. Permohonan keanggotaan DTKS harus melalui serangkaian tahapan. Berikut cara mendaftar menjadi anggota PBI BPJS Kesehatan.

  1. Mendaftar di sistem Desa/kelurahan dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
  2. Perangkat desa/kelurahan mengambil keputusan, jika disetujui, usulan disampaikan kepada kepala desa/lurakhan.
  3. Jika kepala desa/lura setuju, usulan tersebut akan diteruskan ke dinas sosial.
  4. Dinas Sosial akan mengirimkan ide ke Gubernur/Walikota
  5. Gubernur/walikota menyampaikan gagasan kepada gubernur
  6. Gubernur mengirimkan gagasannya kepada Menteri Sosial. Kementerian Sosial dapat mengumpulkan informasi dan membuat rekomendasi langsung kepada gubernur, gubernur, dan walikota.
  7. Informasi yang masuk diperiksa dan dikonfirmasi.
  8. Jika diperlukan, Menteri Sosial akan mengidentifikasi anggota DTKS dan mendaftarkan kepesertaannya pada PBI BPJS Kesehatan.
  9. Pendaftaran BPJS Kesehatan
  10. Setelah selesai, informasi tersebut dibagikan kepada publik.

Penting untuk dicatat bahwa mereka yang dipilih untuk berpartisipasi dalam PBI BPJS Kesehatan dibayar oleh negara. Dengan demikian, iuran BPJS dapat dikurangkan dari pajak.

Biaya hibah PBI adalah Rp 42.000 per bulan atau setara Bagian III.

Berikut cara daftar BPJS Kesehatan PBI. Saya harap ini membantu Anda.

(Uli/Fef)

[Video Gambas: CNN]

Cara menghitung iuran BPJS Kesehatan Tahun 2020-2021

Saya harap Anda menemukan artikel kesehatan 361 kata yang saya tulis ini bermanfaat dan informatif. Jangan lupa bookmark atau share postingan ini. Semoga kebaikan yang Anda lakukan dengan membagikan artikel ini mendapat balasan dari Tuhan Yang Maha Esa. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

error: Content is protected !!