Categories: teknologi

Begini Cara Kerja GPS, Teknologi Navigasi Memudahkan Pencarian Lokasi Kedaulatan Rakyat

Published by
Admin
Share

Krjogja.com – Jakarta – Di zaman sekarang ini, sangat penting untuk mengetahui cara kerja teknologi, termasuk cara kerja GPS. GPS atau Global Positioning System secara sederhana dapat didefinisikan sebagai teknologi navigasi yang digunakan untuk menentukan lokasi suatu tempat atau objek.

Pada zaman dahulu, orang menggunakan alam seperti gunung, pohon, sungai, rasi bintang, dll sebagai acuan untuk mengetahui arah untuk mencapai suatu tempat. Sifat alam yang dapat berubah sewaktu-waktu karena berbagai sebab, menjadikan metode pemanfaatan alam sebagai pedoman menjadi efektif. Kemudian orang-orang mulai membuat alat yang berbeda untuk membantu mereka menemukan tempat tersebut.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara kerja GPS, ada baiknya kita mengetahui apa itu GPS. Berikut rangkuman cara kerja GPS, dan Kelompok Kedaulatan Umum Teknologi Navigasi memberikan kemudahan untuk meneliti apa itu GPS dan cara kerjanya Senin (10/10/2022), dirangkum dari berbagai sumber.

Kenali GPSnya

GPS secara sederhana dapat didefinisikan sebagai teknologi navigasi yang digunakan untuk menentukan lokasi suatu tempat atau objek. Secara khusus, GPS adalah sistem navigasi satelit yang saling berhubungan. GPS mendukung penentuan posisi, navigasi, dan pengukuran waktu yang sangat akurat dan dapat mencakup seluruh dunia.

Sebagai salah satu sistem penentuan posisi satelit pertama, GPS telah menjadi bagian penting dari banyak bidang di seluruh dunia, termasuk pertanian, transportasi, pertambangan, dan pertahanan militer.

Sebagai penemu teknologi GPS, Amerika Serikat masih memiliki dan mengoperasikan satelit GPS yang manfaatnya bermanfaat bagi berbagai negara di dunia. Meskipun biaya pembelian dan perawatan satelit GPS sangat tinggi, teknologi GPS dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis.

Agar GPS dapat bekerja, diperlukan tiga komponen pendukung. Komponen pertama adalah satelit GPS. Agar GPS berfungsi dengan baik, satelit GPS di orbit tetap mengirim sinyal ke tanah.

Aksesori GPS kedua adalah penerima GPS. Sinyal satelit GPS diterima oleh pengguna GPS melalui penerima GPS. Penerima GPS terdiri dari beberapa sirkuit terpadu (IC) yang murah dan mudah digunakan. Penerima GPS dapat dipasang di kendaraan, ponsel, dan komputer.

Bagian ketiga adalah pengontrol, yang ditempatkan di tanah. Pengontrol berfungsi sebagai perangkat pemantauan untuk memastikan pengoperasian satelit yang benar. Satelit memiliki pengaturan waktu untuk menentukan waktu transmisi sinyal yang diterima oleh pengguna.

2007 2013 Silverado 1500 Crazy Audio Plug and Play Inspeksi dan Pemasangan Unit Navigasi

Published by
Admin
Tags: teknologi

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago