Categories: kesehatan

2 Gangguan Kesehatan Yang Rentan Jika Sering Terpapar Cahaya Biru

Published by
Admin
Share

2 Gangguan kesehatan akibat paparan sinar biru berulang kali , Jakarta . Cahaya biru yang dipancarkan dari layar perangkat atau cahaya biru yang diserap oleh berbagai sel dalam tubuh manusia sudah cukup untuk menyebabkan kerusakan. Menurut Publikasi Kesehatan Harvard, panjang gelombang cahaya biru tampak adalah 400 nanometer hingga 450 nanometer.

Persepsi warna manusia terutama tergantung pada empat sel peka cahaya utama. Tiga fotografer kerucut dan satu fotografer tiang. Semua sel ada di retina. Peralatan, laptop, dan perangkat elektronik lainnya memancarkan cahaya biru.

Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara kerusakan mata dan panjang gelombang cahaya biru antara 415 nanometer dan 455 nanometer. Sebagian besar cahaya ini berasal dari LED yang digunakan di smartphone, TV, dan tablet, yang memiliki panjang gelombang antara 400 nanometer dan 490 nanometer.

Bahaya kesehatan dari cahaya biru

1. Mengganggu kesehatan mata

Tim peneliti University of Toledo melaporkan bahwa paparan cahaya biru yang berkepanjangan meningkatkan jumlah molekul berbahaya yang dilepaskan dalam sel mata yang peka cahaya. Dia juga berisiko mengalami degenerasi makula, Medical News melaporkan.

Kondisi ini mempengaruhi kesehatan mata sekitar 2,4% dari populasi Inggris dan kehilangan penglihatan umum terjadi pada orang berusia 50-an dan 60-an. Kehilangan penglihatan disebabkan oleh kerusakan pada sel-sel peka cahaya retina.

Menurut ahli biokimia Ajith Karunarat, cahaya biru terus-menerus merusak kornea mata. Cahaya biru mengenai kornea dan lensa dan tidak dapat dihalangi atau dipantulkan. Hal ini dapat merusak retina dari waktu ke waktu.

2. Sulit tidur di malam hari

Menurut WebMD, paparan cahaya biru dari perangkat elektronik di malam hari mengganggu ritme sirkadian atau siklus tidur Anda. Ini karena cahaya biru memberi sinyal ke otak saat tubuh perlu tidur.

Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya 2 jam cahaya biru setiap malam dapat merangsang atau menghalangi pelepasan hormon tidur melatonin. Anda tidak boleh mengakses perangkat digital setidaknya 3 jam sebelum tidur.

Membaca: 3 alasan mengapa Anda harus mengaktifkan filter cahaya biru di ponsel Anda

Ikuti berita terbaru dari Tempo di Google News, klik di sini.

Kehidupan keluarga yang sehat dan bahagia, Dr. Ivan Husada. METER. biomedis

Published by
Admin
Tags: kesehatan

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago