Categories: berita

131 Anak RI Sakit Ginjal Misterius Sampai Perlu Cuci Darah, Dicover BPJS? Detik

Published by
Admin
Share

Jakarta

Menanggapi laporan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tentang ratusan kasus penyakit ginjal akut misterius pada anak, BPJS Kesehatan menyatakan akan menanggung biaya pengobatan pasien tersebut. Dalam kondisi ini, pasien anak terindikasi secara medis sesuai prosedur yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan.

“Anak-anak terutama terkena penyakit ginjal, gagal ginjal dan hemodialisis. Tentu saja, BPJS akan mengurus mereka selama ada indikasi medis. Jika mereka mengikuti prosedur yang kami buat,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan, Prof. Dr. Ghufron Mukti dalam media seminar BPJS Kesehatan 2022, Bali, Rabu (12/10/2022).

“Dengan demikian, BPJS bersedia membayar dan menanggung penyakit misterius, termasuk gagal ginjal, selama tidak ada klaim medis yang dibuat-buat,” lanjutnya.

Sebelumnya, dr. Eka Laksmi Hidayati, SpA(K), sekretaris Unit Kerja Koordinasi Nefrologi (UKK) IDAI, melaporkan, belum ada kesimpulan pasti penyebab penyakit ginjal misterius tersebut. akut pada anak-anak ini. Selain kerusakan organ, pasien ini juga mengalami peradangan di banyak organ, disertai pembekuan darah yang berlebihan.

"Bukan hanya masalah ginjal. Ketika kami melakukan tes laboratorium yang ekstensif dalam perjalanan ke rumah sakit dan melihat gejala klinisnya, mereka mengalami apa yang kami sebut peradangan di banyak organ. Ada juga tanda-tanda peradangan di hati."Ada juga perubahan pada sistem darah," ujarnya Selasa (11/11/2022) ini dalam jumpa pers virtual "Gagal ginjal akut misterius pada anak".

“Jadi sepertinya ini tidak hanya mempengaruhi ginjal, meskipun manifestasi pertama benar-benar di ginjal. Tapi apa yang kami temukan adalah bahwa organ lain sebenarnya terlibat. Kami telah melihat anak-anak ini dalam perjalanan menuju kesadaran. Eka menambahkan.

Selain itu, menurut dr. Eka memulangkan beberapa pasien dari rumah sakit dengan ginjal yang sembuh total. Yang lain tetap di rumah sakit untuk dialisis.

"Ini mungkin dapat ditransfer dari data pasien saya. Ada beberapa pasien kami yang pulang dengan kondisi fungsi ginjalnya sudah pulih sepenuhnya. Ada yang belum pulih fungsi ginjalnya, jadi masih cuci darah. Jadi ada yang masih dirawat,” pungkasnya.

Tonton video Perhatian! Keterlambatan iuran BPJS Kesehatan bisa didenda 30 juta rupiah ” at.
[Gambar: video 20 detik]
(Vip / kn)

Sakit kepala anak migrain? Hal ini berbahaya?

Published by
Admin
Tags: berita

Recent Posts

Paham 11 Fungsi & Aspek iIlmu Estetika Terbaik

Kembali bersama Willoughers, Apakah pembaca Willough familiar dengan ilmu estetika. Kosakata Estetika kembali populer dengan… Read More

3 months ago

Hari Kesehatan Nasional Ke58 : Momentum Ingatkan Masyarakat Akan Kesehatan Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan

Jakarta, 8 November 2022 Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November. Kali ini,… Read More

3 months ago

3 Makanan Sehat Untuk Jaga Kesehatan Wanita Di Atas 40 Tahun Lifestyle

3 NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA DI ATAS 40 GAYA HIDUP SEHAT - Tujuan utama dari… Read More

3 months ago

Pentingnya Literasi Digital Hadapi Kecanggihan Teknologi ANTARA Kalimantan Barat

Jakarta (Antara). Santi Indra Astuthi, Guru Besar Jurusan Komunikasi Universitas Islam Bangang, menekankan pentingnya literasi… Read More

3 months ago

Awal Mula Koalisi Pengusung Anies Hendak Deklarasi 10 November Hingga Batal Detik

Jakarta - NasDem seharusnya mengumumkan aliansi dengan Partai Demokrat (PD) dan PKS besok, 10 November.… Read More

3 months ago

5 Tips Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak CNN Indonesia

Jakarta, CNN, Indonesia. Game online atau game yang menggunakan internet membuat ketagihan tidak hanya untuk… Read More

3 months ago