Categories: kesehatan

11 Manfaat Bengkuang Bagi Tubuh KONTAN

Published by
Admin
Share

11 manfaat bengkuang untuk tubuh KONTAN – Jakarta. Bengkuang atau biasa disebut bengkuang juga memiliki banyak manfaat. Buah dengan nama latin Pachyrhizus spp ini sangat populer di Indonesia sebagai campuran salad.

Bengkuang sangat mudah ditemukan di pasaran. Harganya juga relatif murah karena ditanam di banyak daerah.

Ubi sebenarnya adalah sejenis umbi-umbian yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Namun, saat ini banyak dibudidayakan di negara-negara Asia.

Selain rasanya yang menyegarkan, karena banyak mengandung air, ubi jalar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Juga menggunakan bengkuang sebagai masker wajah.

11 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Selain buah pir, bengkuang juga merupakan buah yang membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Manfaat bengkuang

Nah, berikut 11 manfaat ubi, seperti dilansir Healthline:

1. Kaya nutrisi

Manfaat buah buahan merupakan sumber nutrisi bagi tubuh. Setiap 136 gram ubi jalar mengandung 37 gram karbohidrat, 2 gram protein, 5 gram serat dan banyak mineral dan protein.

Bengkuang tidak hanya merupakan sumber serat yang sangat baik, tetapi juga kaya akan potasium dan mangan, yang penting untuk kesehatan tulang, pertumbuhan, metabolisme, dan fungsi jantung.

2. Meningkatkan fungsi otak

Siapa sangka manfaat bengkuang juga berkaitan dengan kesehatan otak. Dalam studi 12 minggu, orang yang mengonsumsi suplemen ekstrak bengkuang tampil lebih baik pada tes fungsi otak dibandingkan dengan kelompok lain.

Bengkuang mengandung senyawa unik yang disebut diosgenin, yang telah terbukti meningkatkan pertumbuhan neuron dan meningkatkan fungsi otak.

11 Manfaat Bengkuang Bagi Tubuh CONTAN8 Makanan Hipoglikemik Terbaik untuk Dicoba

3. Dapat meringankan gejala menopause.

Manfaat bengkuang yang ketiga adalah untuk meredakan nyeri saat haid. Bengkuang dapat membantu meringankan beberapa gejala menopause.

Dalam penelitian selama 30 hari, 24 wanita pascamenopause beralih dari nasi dasar ke ubi jalar 2-3 kali (total 390 gram) per hari.

Tingkat estron dan estradiol dalam darah meningkat masing-masing sebesar 26% dan 27%. Kadar estron dan estradiol dalam darah juga menurun selama menopause. Meningkatkan kadar estrogen dapat meringankan gejala menopause.

4. Mungkin memiliki sifat anti-kanker

Manfaat ubi jalar juga bisa menjadi anti kanker. Bengkuang mengandung beberapa antioksidan yang mungkin memiliki sifat anti-kanker.

Dalam sebuah penelitian pada hewan, diet tinggi bengkuang secara signifikan mengurangi pertumbuhan tumor usus besar. Efek ini terkait dengan manfaat antioksidan bengkuang, menunjukkan bahwa umbi-umbian ini dapat melindungi terhadap kanker.

11 Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan CONTAN 7 Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan. Baik untuk makanan dan baik untuk jantung.

5. Dapat mengurangi peradangan

Antioksidan dalam bengkuang dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan kronis dikaitkan dengan peningkatan risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

Makan makanan anti-inflamasi seperti bengkuang dapat membantu mengendalikan peradangan kronis. Beberapa penelitian pada tikus menunjukkan bahwa bubuk bengkuang mengurangi peradangan yang terkait dengan sejumlah penyakit, termasuk kanker usus besar, sindrom iritasi usus besar (IBS), dan mulas.

6. Dapat meningkatkan kontrol gula darah

Manfaat bengkuang lainnya adalah dapat meningkatkan kadar gula darah. Dalam sebuah penelitian, tikus yang menerima bubuk bengkuang atau ekstrak air bengkuang memiliki kadar gula darah yang lebih rendah.

Studi lain menemukan bahwa tikus memiliki nafsu makan yang lebih sedikit, penurunan berat badan yang lebih besar, dan kontrol gula darah yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok lain.

11 manfaat bengkuang untuk tubuh

7. Kesehatan sistem pencernaan

Manfaat bengkuang juga dapat memperlancar pencernaan. Bengkuang mengandung enzim yang membantu memecah makanan dan meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di usus.

8. Penurunan berat badan

Manfaat ubi jalar juga bisa dijadikan sebagai produk diet untuk menurunkan berat badan. Ekstrak ubi jalar tidak hanya kaya serat tetapi juga menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa menurunkan berat badan secara otomatis.

9. Antimikroba

Meskipun belum ada penelitian yang mendukung hal ini, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bengkuang dapat melindungi tubuh dari bakteri yang resistan terhadap obat.

11 manfaat bengkuang untuk tubuh

10. Menurunkan kolesterol

Manfaat ubi jalar juga sudah terbukti sebagai pengatur kolesterol. Dalam sebuah penelitian, wanita yang makan 18 ons (390 gram) bengkuang setiap hari selama 30 hari mengurangi kolesterol darah mereka sebesar 6%.

11. Jadi, menu diet.

Keuntungan terakhir dari batu adalah bahwa itu adalah sumber makanan diet. Bengkuang kaya akan serat, yang membuat orang cepat kenyang saat memakannya.

Bengkuang juga mudah diolah menjadi snack sehat, salad buah, salad dan makanan lainnya.

Itulah beberapa manfaat ubi jalar yang bisa Anda coba konsumsi secara rutin.

Lihat lebih banyak berita dan artikel di Google Berita.

Manfaat kesehatan dari menu buka puasa dan sahur

Published by
Admin
Tags: kesehatan

Recent Posts

Kemenkominfo Dukung Komunitas Di Sumatra Jadikan Hobi Menjadi Bisnis Republika Online

Padahal, keberadaan teknologi digital seperti media sosial telah membuka kemungkinan tersebut. Kementerian Komunikasi dan Informatika… Read More

6 hours ago

Mengupas Tren Anak Muda Cari Cuan Lewat Game Online |

Riset tren pendapatan anak muda menggunakan game online | Judi online sering menjadi permainan yang… Read More

22 hours ago

Kemajuan Teknologi Dorong Peningkatan Literasi Kesehatan Masyarakat ANTARA

Jakarta (Antara) - Juru bicara Kementerian Kesehatan (Cheminex) Muhammad Sahrel berharap literasi universal di bidang… Read More

2 days ago

8 Drakor Terbaru Yang Akan Tayang Di Bulan Agustus 2022, Banyak Cerita Seru! Kontan

8 drama terakhir tayang Agustus 2022, banyak cerita menarik. Kontan, serial terbaru Drakor yang akan… Read More

2 days ago

Tidak Cuma Seru, Ini 5 Pesan Bermakna Anime Spirited Away

Siapa yang tidak tahu anime ini? Speeded Away atau judul Jepangnya Sen to Chihiro no… Read More

3 days ago

Hobi Kongkow, Lali Bojo Radar Kediri

Kelakuan Mbok Ndevora kali ini benar-benar keren. Namun, dia lebih suka bergaul dengan teman-temannya. Saya… Read More

3 days ago